Menjaga Pasokan Daging Olahan Nasional di Tengah Pandemi

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 23 Agu 2021 17:46 WIB
Logo Berdikari, salah satu BUMN di kantor pusat Berdikari,, Jl Abdul Muis.
Foto: Ari Saputra

Selain dihadiri oleh manajemen Rajawali Nusantara Indonesia, manajemen dari PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT Garam (Persero), PT Sang Hyang Seri (Persero), PT Pertani (Persero), PT Perikanan Nusantara (Persero), PT Perikanan Indonesia (Persero), dan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) juga turut hadir baik secara fisik maupun virtual sebagai simbol sinergi yang kuat dari BUMN Klaster Pangan untuk Indonesia.

"Berdikari sebagai BUMN, hadir untuk mewujudkan Indonesia Bergizi. Berdikari Siap memberikan kontribusi terhadap perbaikan ekosistem peternakan Indonesia dan peningkatan kesejahteraan peternak mandiri maupun value chainnya," ungkap Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara pada kegiatan peluncuran.

Harry menyatakan bahwa terjun ke segmen ritel melanjutkan langkah Berdikari untuk menjadi BUMN yang tidak hanya sekedar hadir bagi masyarakat, tetapi mampu memberikan kontribusi berharga bagi pemerintah. Selain menawarkan produk olahan BeBest mulai dari sosis, kornet, nugget, hingga karkas ayam utuh yang berkualitas dan terjangkau, Berdikari juga menawarkan skema kemitraan serta reseller.

Berdikari hadir ditengah peternak rakyat melalui program kemitraan ayam broiler, baik di pembibitan (Parent Stock) hingga ke ayam siap jual (Final Stock).

Sementara bagi masyarakat luas, Berdikari menawarkan program reseller freezer point yang berpotensi menambah penghasilan rumah tangga perorangan hingga UMKM. Inisiatif yang dilakukan Berdikari tidak terlepas dari upaya untuk terus memperkuat peran BUMN Klaster Pangan serta meningkatkan kinerja persero.

Berbagai inovasi dan langkah yang dilakukan Berdikari telah terbukti meningkatkan kinerja, tercermin dari hasil Semester I tahun 2021 yang diatas target. Laba persero secara konsolidasi hingga akhir Juni 2021 mencapai Rp 49,10 Miliar atau Rp 51,43 Miliar diatas target.

Pencapaian tersebut didukung oleh penjualan hingga akhir Juni 2021 yang mencapai Rp 759,91 Miliar atau Rp 420,16 Miliar diatas target, dan total aset persero pada akhir Juni 2021 mencapai Rp 967,87 Miliar atau Rp 421,51 Miliar diatas target.

Berdikari meyakini, dengan sinergi yang kuat, BUMN Klaster Pangan dapat bersama mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat.


(dna/dna)