Menkes: Presiden Jokowi Minta Susun Strategi Hidup Bersama Pandemi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 23 Agu 2021 20:40 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyusunan strategi hidup bersama pandemi COVID-19.

"Di ratas bapak presiden meminta kami untuk bisa mulai menyusun strategi hidup bersama pandemi, bukan hanya strategi penanganan pandemi," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (23/8/2021).

Budi juga akan menyampaikan beberapa hal terkait arahan Jokowi. Namun, sebelum itu, ia membeberkan data terkini soal vaksin COVID-19.

"Untuk itu nanti ada beberapa hal yang kami sampaikan yang merupakan arahan beliau. Sebelum sampai kami update sedikit mengenai vaksinasi karena ini juga diminta beliau untuk di-update ke media," ujarnya.

Sampai hari ini, sudah 90 juta dosis vaksin COVID-19 yang disuntikkan. Indonesia berada di ranking nomor 8 dunia.

"Jadi per hari ini Indonesia sudah menyuntikan 90 juta dosis, kita menembus 90 juta, kita masuk di rangking nomor 9 dunia untuk jumlah penyuntikan. Dari sisi orang yg disuntik, rakyat yang disuntik per hari ini Indonesia sudah berhasil menyuntikan 58 juta orang suntik pertama dan itu merupakan rangking ke-6 di dunia," tuturnya.

Budi menambahkan di bulan ini akan kedatangan 62,6 juta dosis vaksin.

"Kalau dibandingkan Januari-Juli 90 juta dosis, bulan Agustus saja kita akan kedatangan 62,6 juta dosis dan di bulan Agustus ini kita sudah kedatangan 1,56 juta dosis Pfizer yang kita beli langsung dari Pfizer," ujarnya.

(acd/ara)