Warga Perbatasan Nggak Perlu Khawatir Isoman, Ada yang Kirim Obat Gratis

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 24 Agu 2021 16:31 WIB
Stay at home quarantine coronavirus pandemic prevention.Mother and daughter in protective medical masks standing near on window and looks out window.
Foto: Getty Images/iStockphoto/virojt
Nunukan -

Pandemi melanda hampir seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali wilayah perbatasan yang jauh dari ibu kota. Sama halnya dengan wilayah lain di tanah air, warga yang teridentifikasi mengalami gejala Corona disarankan untuk menjalani isolasi mandiri guna menghindari penularan pada orang lain.

Memastikan warga perbatasan bisa menjalani isoman dengan tenang, Kodim 0911/Nunukan secara serentak melalui Babinsa mendistribusikan obat dan vitamin yang merupakan bantuan dari Pemerintah RI (Kemenkes RI).

"Paket bantuan obat dan vitamin ini merupakan bantuan dari Pemerintah Republik Indonesia. Dalam pendistribusiannya, TNI berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah serta tenaga kesehatan daerah diperuntukkan bagi warga yang sedang melakukan isolasi mandiri," kata Komandan Kodim 0911/Nunukan Letkol Czi Eko Pur Indriyanto, Selasa (24/8/2021).

Dandim 0911/Nunukan mengatakan bahwa untuk Nunukan menerima paket obat dan vitamin berjumlah 1.500 paket dan mulai sudah distribusikan melalui Babinsa di wilayah binaan masing-masing.

"Ada beberapa paket obat yang dibagikan untuk warga yang sedang isolasi mandiri. Paket tersebut terdiri dari tiga jenis. Paket Isoman 1 sebanyak 150 Pack, Paket Isoman 2 sebanyak 900 Pack dan Paket Isoman 3 sebanyak 450 Pack".

Untuk paket Isoman satu berisi vitamin untuk warga dengan hasil swab PCR positif tanpa gejala atau orang tanpa gejala (OTG), Sedangkan paket Isoman dua berisi vitamin dan obat untuk warga dengan hasil tes usap PCR positif dengan keluhan panas, demam dan kehilangan penciuman.

Selanjutnya untuk paket Isoman tiga berisi vitamin dan obat untuk warga PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering.

Pemberian paket obat dan vitamin ini dilakukan berdasarkan data pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri yang dimiliki oleh puskesmas yang ada ditiap kelurahan atau Desa yang ada di Kabupaten Nunukan.

Selain sebagai bentuk perhatian, langkah tersebut bertujuan untuk memberikan support bagi warga yang terpapar agar bangkit dan lekas sembuh serta bisa beraktivitas normal kembali.

"Pemberian paket semua sudah melalui hasil kordinasi Babinsa dengan petugas kesehatan setempat. Adanya bantuan paket obat dan vitamin gratis ini diharapkan dapat membantu meringankan beban warga yang sedang menjalani isolasi mandiri."

Salah satu warga yang menerima bantuan obat tersebut yakni Ibu Hawa warga RT 11 Kampung Rumput Laut Mamolo kelurahan Tanjung harapan Nunukan Selatan mengungkapkan rasa syukurnya.

"Saya merasa sangat bersyukur dan mengucapakan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah dan TNI melalui pak babinsa serta tenaga kesehatan yang sudah memberikan kami obat dan vitamin untuk proses penyembuhan, semoga Allah SWT membalas kebaikan ini dan selalu diberikan kelancaran dan kesehatan dalam setiap melaksanakan tugas", ungkapnya.

(dna/dna)