Kantongi Rp 1,1 T, Startup Ini Gaet 6,5 Juta UMKM

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 24 Agu 2021 21:13 WIB
Ilustrasi startup
Ilustrasi startup/Foto: Oli Scarff/Getty Images

Selain penyediaan teknologi yang terus diperbarui, dukungan BukuWarung untuk membawa UMKM go digital juga diperkuat dengan program Komunitas Juragan Bisnis, berupa rangkaian pelatihan kepada para pelaku usaha mikro dan kecil di seluruh Indonesia. Dimulai sejak April 2020, inisiatif ini berhasil mendampingi lebih dari 4.000 UMKM dengan keterampilan akuntansi pencatatan keuangan digital, pengoptimalan etalase online untuk pengembangan usaha, serta pembayaran digital untuk transaksi bisnis mereka. Targetnya, program Komunitas Juragan Bisnis akan diperluas dengan target keterlibatan hingga 10.000 UMKM sepanjang 2021.

"Tak berhenti di situ, kami siap meningkatkan teknologi BukuWarung di seputar layanan inti kami, yakni pembukuan, pembayaran dan perdagangan daring. Tak terkecuali, membangun infrastruktur pembayaran yang kuat, seperti pembayaran lewat QR, dan berbagai layanan finansial lainnya," tutup Abhinay Peddisetty.

Bagian dari percepatan pengembangan bisnisnya, BukuWarung sedang menjalankan perekrutan secara agresif dan berencana menggandakan jumlah timnya menjadi 300 karyawan yang tersebar di Indonesia, Singapura, dan India, serta beberapa negara lainnya.

Di samping itu, turut berandil mendukung penanganan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung di Indonesia, BukuWarung telah menyumbangkan dana bantuan sebesar Rp 576 juta untuk pengadaan lebih dari 1.000 konsentrator oksigen. BukuWarung bersama sekelompok perusahaan dan organisasi lainnya yang tergabung dalam prakarsa "Oxygen for Indonesia" telah menyalurkan perangkat tersebut kepada pemerintah dan instansi pegiat COVID-19 di berbagai penjuru Tanah Air. BukuWarung berencana melanjutkan prakarsa ini dengan menyisihkan dana tambahan Rp 200 juta untuk target penyerahan pada akhir tahun.

Sebagai informasi, BukuWarung, perusahaan teknologi yang menyediakan infrastruktur digital bagi lebih dari 6,5 juta UMKM pengguna di Indonesia, berkomitmen membantu para pemilik usaha untuk mampu mengelola dan mengembangkan bisnis secara efisien, mulai dari pembukuan digital, etalase online hingga pembayaran. Berdiri sejak 2019, BukuWarung memiliki visi untuk memberdayakan lebih dari 65 juta UMKM di Indonesia untuk sadar finansial.

BukuWarung dicetuskan oleh Chinmay Chauhan (Forbes 30 Under 30 2021) bersama Abhinay Peddisetty pada akhir 2019. BukuWarung didukung oleh venture capitalist (VC) global ternama: Valar Ventures, Goodwater Capital, Y-Combinator, AC Ventures, Quona Capital, East Ventures, Golden Gate Ventures, Rocketship.vc, Tanglin Venture Partners, dan angel inventor strategis lainnya.


(hns/hns)