4 Keuntungan Manfaatkan Program Ekspor dari e-Commerce

Inkana Putri - detikFinance
Rabu, 25 Agu 2021 19:48 WIB
ecommerce
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Memasarkan produk hingga ke luar negeri tentu bukan hal yang mustahil. Apalagi di zaman serba digital saat ini, proses ekspor tentunya bisa jauh lebih mudah, yakni melalui e-commerce.

Salah satu e-commerce yang membuka peluang ekspor untuk UMKM adalah Shopee Indonesia melalui Program Ekspor Shopee. Melalui program ini, Shopee memberikan fasilitas bagi para UMKM lokal sehingga dapat menjual produknya di luar negeri. Selain itu, Program Ekspor Shopee juga memberikan beberapa keuntungan kepada para UMKM seperti berikut.

Dorong Penjualan hingga ke Luar Negeri

Lewat program Ekspor Shopee, kini para pelaku UMKM dapat meningkatkan penjualannya dengan menjangkau pembeli di luar negeri. Saat ini, terdapat 5 negara tujuan ekspor di Asia Tenggara yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM, yakni Singapura, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Malaysia. Bukan hanya itu, Shopee juga memperluas hingga ke negara di benua Amerika, seperti Brasil.

"Hingga kini, ada 180.000 pelaku usaha Indonesia yang berhasil melakukan ekspor lewat Shopee ke Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Kita juga membantu UMKM Indonesia memasarkan produk ke Brasil. Dari 180.000 yang ekspor, paling tidak ada 50.000 produk lokal dari Shopee yang terjual setiap harinya ke luar negeri," ujar Head of Government Relations Shopee Indonesia, Balques Manisang. dalam acara 'Kisah Sukses Kibarkan Merah Putih di Pasar Global dengan Program Ekspor Shopee', Rabu (25/8/2021).

Gratis

Ekspor produk tentu tak lepas dari urusan bea cukai. Biaya pengiriman tentu jadi hal yang sering membuat pelaku UMKM ragu untuk mengekspor produknya. Melalui program Ekspor Shopee, pelaku UMKM tak perlu khawatir soal hal ini. Sebab, biaya pengiriman ke luar negeri atau bea keluar akan ditanggung oleh Shopee. Selain itu, penjual harus memastikan produk yang dijual keluar negeri harus mematuhi peraturan pemerintah setempat.

Mudah

Tak hanya biaya, proses ekspor produk juga sering kali menjadi kendala utama bagi UMKM. Namun, kini pelaku UMKM bisa melakukan ekspor produk semudah memproses pesanan dalam negeri dengan Program Ekspor Shopee. Adapun pelaku UMKM hanya perlu memiliki toko Shopee dengan minimal 1 produk aktif dengan stok minimal 2. Selanjutnya, Selain itu, toko juga tidak dalam masa penalti dan aktif selama kurang lebih 3 bulan.

Selanjutnya, UMKM akan menerima undangan untuk bergabung atau mendaftarkan diri di shopee.co.id/programeksporshopee. Nantinya, tim Shopee akan membuatkan data dan toko luar negeri minimal setelah pengumpulan data.

Dapat Eksposure

Di Program Ekspor Shopee, pelaku UMKM juga dapat memperoleh eksposure toko di aplikasi Shopee luar negeri. Adapun eksposure ini bisa didapat melalui Koleksi Spesial, Koleksi Produk Indonesia, campaign banner dan fitur pencarian produk. Jika sudah terdaftar atau memiliki toko Shopee luar negeri, UMKM juga dapat mengecek toko Shopee Malaysia, Thailand atau negara lainnya melalui browser dengan menambahkan username toko dan ekstensi domain negara masing-masing.

Informasi lebih lengkap terkait Program Ekspor Shopee dapat dicek melalui website dan akun media sosial Shopee Indonesia.



Simak Video "Resmikan Kampus Khusus UMKM, Gibran: Agar Solo Naik Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)