BUMN Ajak Bidan Ikut Perangi Stunting, Begini Caranya

Tim Detikcom - detikFinance
Kamis, 26 Agu 2021 07:16 WIB
A three month baby in mint green clothes lying on a bed on which a measuring ruler for growth is drawn. Teething tool in hands, chewing
Ilustrasi stunting/Foto: iStock

Program ini disebut Bidan Inspiratif. Program Bidan Inspiratif ini dimulai tahun lalu, tepatnya 25 Juli 2020. Dalam periode 25 Juli 2020 - 31 Agustus 2020, para bidan peserta kegiatan menyampaikan proposal yang berisi ide-ide kreatif untuk mengurangi angka stunting dan kematian ibu hamil serta cara mengimplementasikannya di wilayah Kabupaten Tangerang.

Setelah melalui tahap penelitian dan penjurian pada 21 Oktober 2020, terpilih sebanyak 15 proposal untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu pengimplementasian di lapangan. Sebanyak 15 bidan pemilik proposal memperoleh donasi dari Kimia Farma sebesar Rp 10 juta per orang guna melaksanakan proyek mereka.

Pemilihan pemenang Program Bidan Inspiratif ini didasarkan pada keberhasilan pengimplementasian proposal dan pengembangannya pada rentang waktu Desember 2020 hingga Juni 2021. Para juri dari Kimia Farma, Dinkes Kabupaten Tangerang, IBI, Human Initiative dan kitabisa.com., telah memilih 6 bidan pemenang dan akan diumumkan pada 28 Agustus 2021. Keenam pemenang tersebut nantinya akan memperoleh dana pendidikan total senilai Rp. 50 juta.

Selain itu, ke 15 bidan peserta program akan memperoleh bantuan biaya untuk melanjutkan implementasi kegiatan mereka dari dana yang terkumpul hasil penggalangan kitabisa.com yang mencapai Rp. 132 juta.


(zlf/zlf)