Ini Dia 4 Tempat yang Perlu Akses PeduliLindungi, Buruan Download!

Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 26 Agu 2021 11:41 WIB
Aplikasi PeduliLindungi di mal
Foto: Putu Intan/detikcom
Jakarta -

Pemerintah terus berupaya mengembangkan aplikasi PeduliLindungi guna mengoptimalkan perlindungan kesehatan bagi masyarakat. Sejumlah aturan pun telah ditetapkan, dari aktivitas di sektor pendidikan hingga industri semuanya akan terhubung di aplikasi PeduliLindungi.

Dalam hal ini, PeduliLindungi berfungsi untuk melakukan skrining saat pengunjung memasuki suatu area. PeduliLindungi dapat mengecek status vaksinasi, hasil tes COVID-19 hingga kontak erat pengunjung tersebut.

Sejalan dengan hal tersebut, sejumlah tempat dan fasilitas umum yang sudah boleh kembali dibuka telah menjalankan protokol kesehatan yang ketat hingga melakukan skrining melalui aplikasi PeduliLindungi. Dengan demikian saat ini penggunaan aplikasi tersebut akan menjadi salah satu syarat umum agar masyarakat dapat memasuki sejumlah tempat dan fasilitas umum tersebut.

Lalu tempat-tempat dan fasilitas umum apa saja yang sudah menerapkan akses aplikasi PeduliLindungi? Berikut daftar tempat yang perlu akses PedulinLindungi:

1. Mal
Sejumlah mal di sebagian wilayah di Indonesia sudah kembali dibuka dengan maksimal kapasitas 50 persen. Adapun jam operasional mal atau pusat perbelanjaan biasanya dibatasi sampai pukul 20:00 malam.

Meski demikian, agar bisa masuk ke dalam mal tersebut, pengunjung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Pengunjung nantinya diminta untuk menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 mereka melalui aplikasi tersebut, minimal dosis pertama.

2. Fasilitas olahraga
Fasilitas olahraga juga dibuka dengan syarat skrining ketat dan dilarang berkerumun. Baik sebelum dan sesudah melakukan aktivitas olahraga, pengunjung wajib tertib menjaga jarak.

Bagi mereka yang mengunjungi fasilitas olahraga, wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Fasilitas olahraga yang melakukan pelanggaran terhadap protokol kesehatan akan dikenakan sanksi berupa penutupan sementara," jelas aturan yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2021 Tentang PPKM Level 4, Level 3 dan Level 2 di wilayah Jawa Bali.

lanjut ke halaman berikutnya >>

Simak video 'Luhut Ingin Semua Kegiatan Warga Harus Terintegrasi Via PeduliLindungi':

[Gambas:Video 20detik]