Satgas BLBI Juga Buru Obligor di Luar Negeri, Kebanyakan di Singapura!

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 27 Agu 2021 15:45 WIB
Infografis obligor 48 BLBI
Satgas BLBI Juga Buru Obligor di Luar Negeri, Kebanyakan di Singapura!
Jakarta -

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI) tidak hanya mengejar para debitur dan obligor di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Ketua Satgas BLBI yang juga merupakan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Rionald Silaban menegaskan pihaknya saat ini lebih fokus untuk mengejar yang ada di dalam negeri.

"Karena kami percaya bahwa yang ada di dalam negeri masih banyak yang perlu kita temukan," ucapnya dalam konferensi pers penyitaan aset BLBI di perumahan Perumahan Lippo Karawaci, Kel. Kelapa Dua, Tangerang, Jumat (27/8/2021).

Meski begitu, Satgas BLBI tetap akan mengejar para obligor dan debitur terkait yang berada di luar negeri. Untuk melakukannya Satgas BLBI mendapatkan masukan dari Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun)

"Jadi itu merupakan langkah lanjutan yang akan dilakukan dan kalaupun itu dilakukan maka itu nanti akan di-lead oleh kejaksaan lewat Jamdatun," terangnya.

Untuk lokasinya Rionald tidak menjelaskan secara detil. Namun dia mengatakan kebanyakan berada di Singapura. Satgas pun sudah melakukan pemanggilan.

"Pemanggilan telah dilakukan untuk yang di luar negeri. Kebanyakan ada di Singapura dan kita berkoordinasi dengan duta besar kita di Singapura," tutupnya.

(das/fdl)