Laris Manis! Bambang Brodjonegoro Jabat 6 Posisi Komisaris Sekaligus

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Sabtu, 28 Agu 2021 09:15 WIB
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Jumat (10/5/2019). Agung Pambudhy/Detikcom.
Laris Manis Bambang Brodjonegoro Jabat 6 Posisi Komisaris Sekaligus
Jakarta -

Perjalanan karier Bambang Brodjonegoro cukup menarik untuk diikuti. Setelah beberapa kali menjabat sebagai menteri, Bambang kini laris manis mengisi jabatan komisaris di berbagai perusahaan.

Tak tanggung-tanggung, eks Menteri Riset dan Teknologi itu kini menjabat posisi komisaris di enam perusahaan sekaligus. Tawaran jabatan komisaris ini ia dapat usai tak lagi menjabat sebagai menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Yang teranyar, Bambang ditunjuk menjadi Komisaris Independen di PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF). Hal ini diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan kemarin.

Sebelumnya, Bambang juga telah ditunjuk menjadi Presiden Komisaris PT Oligo Infrastructure Indonesia. Diketahui, Oligo Infrastruktur merupakan sebuah perusahaan investasi di sektor infrastruktur.

Pernah menjabat sebagai Menteri PPN/Bappenas, Bambang dinilai sebagai sosok terbaik dan paling tepat untuk menjadi pemimpin dewan komisaris untuk Oligo Infrastructure.

Tepat sebelum menjadi Presiden Komisaris di Oligo Infrastructure Indonesia, Bambang Brodjonegoro juga ditunjuk sebagai komisaris independen di TBS Energi Utama. Perusahaan ini sebelumnya bernama PT Toba Bara Sejahtera Tbk yang sebagian sahamnya juga dimiliki Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Selanjutnya, Bambang Brodjonegoro juga dipercaya untuk menjadi Komisaris Independen PT Astra International Tbk. Pengangkatan tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa 2021 (RUPSLB) yang digelar perseroan pada 17 Juni 2021 lalu.

Selain perusahaan swasta, Bambang Brodjonegoro juga menjadi komisaris di BUMN. Bambang ditunjuk Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjabat Komisaris Utama (Komut) PT Telkom Indonesia (Persero).

Erick Thohir mengatakan pengalaman Bambang Brodjonegoro di bidang ekonomi dan teknologi jadi alasan utama di balik pengangkatannya sebagai komisaris utama Telkom. Dengan pengalaman itu Erick ini Telkom lebih cepat melakukan digitalisasi sehingga bisa bersaing secara global.

Terakhir, Bambang juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Bukalapak.com Tbk (BUKA). Bukalapak merupakan salah satu unicorn Indonesia yang belum lama ini melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia.

Lantas apa kata Bambang yang menjabat posisi komisaris di sejumlah perusahaan sekaligus? klik halaman berikutnya.