Senyapnya Pusat Kuliner di Atas Aset BLBI yang Disita Negara

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 30 Agu 2021 12:09 WIB
aset BLBI
Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Tangerang -

Pusat makanan Taman Sari di Kawasan Lippo Karawaci, Tangerang menjadi salah satu titik yang dipasang plang Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Dengan demikian, lokasi yang jadi tempat seremoni penguasaan aset BLBI Jumat lalu (27/8) tersebut, kini dikuasai negara.

Berdasarkan pengamatan detikcom di lokasi, Senin (30/8/2021), ada beberapa bangunan di lokasi tersebut. Bangunan-bangunan tersebut diisi oleh sejumlah tempat makan atau restoran.

Masuk ke dalam, pengunjung akan langsung dihadapkan pada taman rumput yang cukup luas. Taman rumput itu dikelilingi oleh tempat-tempat makan tersebut.

Namun, kawasan kuliner ini tampak sepi. Beberapa restoran di lokasi tersebut banyak yang tutup.

aset BLBIaset BLBI Foto: Achmad Dwi Afriyadi

Tidak banyak orang mengunjungi tempat ini. Hanya segilintir orang yang berkunjung ke sana. Begitu juga dengan restoran yang buka, hanya 1-2 restoran yang masih memberikan pelayanan.

Bagian parkir mobil pusat kuliner yang terletak di bagian belakang restoran juga tampak sepi. Tidak banyak mobil yang parkir di area tersebut.

aset BLBIaset BLBI Foto: Achmad Dwi Afriyadi

Sebagaimana diketahui, Satgas BLBI telah mengamankan sejumlah aset para obligor dan debitur yang memiliki urusan utang-piutang negara. Sebanyak 49 bidang tanah dengan total luas lahan 5.291.200 m2 telah dikuasai yang tersebar di Medan, Pekanbaru, Bogor, dan Tangerang.

Salah satu aset yang dikuasai negara ialah 44 bidang tanah seluas 251.992 m2 di kawasan Lippo Karawaci, Kelapa Dua, Tangerang.

Simak juga Video: Minta Pengutang Kooperatif, Mahfud Ancam Bawa Kasus BLBI ke Ranah Pidana

[Gambas:Video 20detik]



(acd/eds)