Mau Pakai Whatsapp Bisnis? Begini Cara Mengaktifkan dan Pakainya

Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 30 Agu 2021 15:27 WIB
WhatsApp Business
Foto: olhardigital
Jakarta -

Bagi para pengusaha, saat ini WhatsApp telah menyediakan layanan yang dapat memudahkan pengguna untuk menjalankan bisnis, berinteraksi dengan pelanggan, menjangkau konsumen yang lebih luas, dan mendapatkan untung yang lebih banyak. Layanan ini dikenal dengan fitur WhatsApp bisnis.

Layanan ini dapat diunduh gratis dan tersedia untuk iPhone dan Android. Tidak hanya dapat diakses melalui aplikasi, sama halnya seperti WhatsApp reguler, selain melalui aplikasi penjual bisa chatting di desktop lewat WhatsApp Bussiness Web. Selain itu penjual bisa memberikan informasi kepada pembelinya dengan menuliskan profil bisnis, jam tutup toko, hingga alamat email dan situs web.

Kelebihan lainnya, pengguna bisa mendaftarkan nomor telepon fixed line di aplikasi WhatsApp Business Web. Tapi WhatsApp tidak asal menerima nomor telepon fixed line yang didaftarkan.

Nantinya akan dilakukan verifikasi, untuk memastikan nomor yang didaftarkan merupakan milik bisnis terkait. Hal ini dilakukan untuk memastikan jika satu nomor telepon mewakili bisnis tertentu. Sehingga tidak terjadi duplikasi nomor telepon bisnis. Sebagai bukti verifikasi, WhatsApp Business Web akan menyematkan centang hijau di nama bisnis pengguna.

Pada WhatsApp Business Web, kamu dapat meninjau jumlah statistik pesan yang terkirim dan pesan masuk. Oleh karena itu para pebisnis dapat mengetahui pesan apa yang efektif.

WhatsApp ini memberikan banyak fitur untuk memudahkan para pebisnis dalam mengelola akunnya, secara khusus untuk merespons para pembelinya lewat chat.

Selain itu dengan menggunakan WhatsApp Business Web ini kamu dapat melakukan balasan cepat dengan jawaban otomatis yang dapat kamu atur sebelumnya. Hal ini membantu penjual untuk memberikan jawaban paling umum atas pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pembeli.

Berikut cara mengaktifkan dan menggunakan aplikasi WhatsApp Business Web:
1. Unduh aplikasi WhatsApp bisnis pada Play Store dan App Store.
2. Setelah selesai ketuk buka dan baca Kentetuan Layanan terlebih dahulu.
3. Kemudian ketuk Setuju.
4. Daftarkan nomor telepon toko Anda. Pendaftaran nomor berdasarkan kode negara atau format nomor telepon internasional.
5. Lalu ketuk Selesai atau Lanjut kemudian ketuk lagi Oke.
6. Setelah itu Anda akan menerima kode pendaftaran 6 digit yang dikirim melalui SMS atau panggilan telepon.
7. Kemudian beri izin WhatsApp mengakses kontak dari buku alamat ponsel Anda untuk ditambahkan ke aplikasi WhatsApp bisnis.
8. Langkah selanjutnya adalah pembuatan akun. Pembuatan akun mencakup nama toko, kategori bisnis, profil, foto toko, jam kerja toko, email, dan website toko. Kemudian simpan semua informasi tersebut.
9. Pilih kontak untuk dikirimi informasi mengenai usaha Anda. Anda bisa mengirim pesan secara berkala agar pengguna terus mendapatkan informasi terbaru dari usaha Anda. Rutin mengirim pesan juga dapat meningkatkan peluang usaha Anda semakin untung.

Demikian cara menggunakan WhatsApp bisnis agar usaha semakin untung. Manfaatkan semua fitur WhatsApp bisnis ini dengan baik agar bisnis Anda penjualan meningkat dan dapat menarik konsumen berbelanja atau menggunakan jasa Anda. Gimana? Mudah kan?



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur Baru: Kirim Foto Jadi Stiker"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)