BI DKI Jakarta Gaet Tokopedia Dukung BBI & Dorong Digitalisasi UMKM

Yudistira Imandiar - detikFinance
Selasa, 31 Agu 2021 15:24 WIB
Tokopedia
Foto: dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia ikut ambil bagian dalam pagelaran JaKreatiFest yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta. Acara ini digelar sebagai dukungan terhadap gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BWI) yang dicanangkan pemerintah pusat.

JaKreatiFest yang mengusung tema 'Memberdayakan Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru yang Kreatif, Inovatif,dan Inspiratif di Era Digitalisasi untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional' berlangsung secara virtual pada 30-31 Agustus 2021.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Onny Widjanarko menerangkan JaKreatiFest diharapkan dapat menjadi salah satu pemicu pertumbuhan ekonomi nasional. Adapun pagelaran ini dibagi dalam dua tahapan acara. Pada tahap pre event, diselenggarakan pelatihan sertifikasi halal, coaching clinic, hingga optimalisasi penjualan digital melalui marketplace.

Selanjutnya, agenda main event menghadirkan praktisi andal di sektor pariwisata, ekonomi kreatif, ekonomi syariah, industri kopi, film nasional, dan ekonomi kreatif lainnya untuk memotivasi dan mengoptimalkan kinerja pelaku UMKM .

"Akses vaksinasi yang meningkat, penyebaran COVID-19 yang menurun, PPKM yang mulai dilonggarkan, hingga ekonomi yang tumbuh positif membuat kami semakin optimis melihat pemulihan ekonomi. Kami berharap, kegiatan JaKreatiFest 2021 dapat mendukung kemajuan-kemajuan tersebut," kata Onny dalam keterangan tertulis Selasa (31/8/2021).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi inisiatif KPw BI DKI Jakarta menggelar JaKreatiFest untuk memicu pertumbuhan ekonomi. Acara tersebut juga menjadi dukungan terhadap upaya pengembangan UMKM, khususnya dalam hal digitalisasi untuk pemasaran dan penjualan produk.

"Sebagai barometer ekonomi Indonesia, DKI Jakarta memegang peranan penting dalam pemulihan ekonomi nasional. Pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta berhasil tumbuh 10,91% pada triwulan II-2021 (yoy). Tentu, momentum ini harus kita lanjutkan dan semoga kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan KPw DKI Jakarta terus terjalin dengan baik," kata Anies.

Selain menyelenggarakan webinar, fashion show dan pertunjukan musik, JaKreatiFest bekerja sama dengan Tokopedia untuk mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia. Bank Indonesia dan Tokopedia melaksanakan pelatihan onboarding digital platform bagi 131 UMKM. Kerja sama berlanjut dengan kehadiran sub page eksklusif JaKreatiFest di platform marketplace Tokopedia yang diisi dengan produk-produk UMKM peserta JaKreatiFest.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni menyampaikan, kolaborasi antara Tokopedia dengan Bank Indonesia KPW DKI Jakarta merupakan bentuk dukungan bagi UMKm untuk terus mengembangkan usaha.

"Kolaborasi melalui kampanye 'Jakreatifest' ini sejalan dengan komitmen Tokopedia dan para mitra strategis untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam membantu UMKM lokal beradaptasi dengan pandemi melalui pemanfaatan teknologi, demi mempertahankan usaha dan menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan," ujar Astri.

Astri menyampaikan sinergi antara Tokopedia dengan Kpw BI DKI Jakarta diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak lagi UMKM lokal untuk mengadopsi kanal digital dalam menjalankan usaha. Hal tersebut diyakini akan berdampak positif dalam hal mendorong pertumbuhan ekonomi digital di daerah.

"Upaya bersama seperti ini lah yang bisa mendorong masyarakat untuk lebih bangga dan memakai produk buatan Indonesia demi sekaligus membantu pemulihan ekonomi nasional yang saat ini terdampak pandemi," tutur Astri.

(mul/hns)