Kolom

Memajukan Budidaya Perikanan Berbasis Kearifan Lokal

Sakti Wahyu Trenggono - detikFinance
Selasa, 31 Agu 2021 15:29 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono
Foto: dok. KKP

Contoh

Keberhasilan dukungan pembiayaan modal dari BLU-LPMUKP dapat dilihat dari kesuksesan kampung budidaya lele Semin di Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Penyaluran pinjaman modal kepada koperasi di wilayah tersebut berhasil meningkatkan jumlah anggota pembudidaya maupun pendapatan mereka.

Beberapa yang menjadi indikator kesuksesan adalah jumlah pembudidaya yang tadinya 28 kepala keluarga (KK) meningkat menjadi ratusan KK.

Volume produksi dari 0,7 ton per bulan naik drastis menjadi minimal 3 ton per bulan. Penghasilan kotor koperasi sebelumnya Rp 5 juta per bulan, sekarang menanjak di angka Rp 40 juta sampai Rp 50 juta bersih.

Lalu nilai aset koperasi yang tadinya hanya Rp 20 juta, naik beratus kali lipat menjadi Rp 2,93 miliar. Penghasilan pelaku usaha yang menjadi anggota koperasi juga ikut meningkat dari yang tadinya tidak mementu, sekarang di angka Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per bulan.

Sebuah capaian yang patut kita apresiasi bersama. Kabupaten Gunungkidul yang dikenal sebagai daerah "kering" saat kemarau, kini memiliki oase berupa kegiatan budidaya sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Kisah sukses kampung budidaya Semin di Gunungkidul tentunya menjadi penyemangat bagi kami dan kita semua dalam menjalankan program terobosan pembangunan kampung-kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal di Indonesia.

Dukungan dari pemerintah daerah dan stakeholder perikanan juga menjadi pendorong suksesnya program terobosan ini. Perlu saya tegaskan, program terobosan pembangunan kampung budidaya perikanan berbasis kearifan lokal adalah program kolaboratif.

Mari bersama melahirkan pusat-pusat ekonomi baru di berbagai daerah Indonesia yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat dan kelestarian komoditas perikanan lokal.

Insya Allah, program terobosan ini juga menjadi pendorong majunya budidaya perikanan dalam negeri yang selaras antara ekologi dan ekonomi. Mohon doanya.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI

Sakti Wahyu Trenggono



Simak Video "KPK Minta Istri Pejabat KKP Ingatkan Suami Agar Tak Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]

(ang/ang)