Harus Makin Waspada, Ada Aplikasi Pencuri Uang dan Data Pribadi!

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 31 Agu 2021 20:30 WIB
Data Penduduk Bocor
Foto: Data Keuangan Bocor (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Berkembangnya teknologi membuat uang dan data pribadi semakin terancam. Hal ini karena ada aplikasi yang bisa mencuri uang dan data-data pribadi melalui ponsel.

Dikutip dari CNBCIndonesia malware bernama Joker ini telah menyusup ke ponsel android. Ada delapan aplikasi yang membawa malware itu.

Selanjutnya dari Quick Heal Security Labs pengguna ponsel harus berhati-hati. Walaupun memang aplikasi ini sudah dihapus dari Play Store karena sudah dilaporkan ke Google.

Malware ini mencuri data di SMS, daftar kontak dan informasi perangkat hingga berinteraksi dengan situs iklan secara diam-diam.

Joker bisa mendaftarkan korban ke situs berlangganan premium. Jadi ketika aplikasi dibuka maka akan meminta akses notifikasi dari sanalah mereka menyedot data SMS dan kontak.

Setelah izin dikantongi, aplikasi akan mengatur izin untuk membuat panggilan telepon. Nantinya aplikasi akan memonitor seluruh data yang didapatkan.

Menurut Quick Heal, malware akan disebar pada aplikasi yang populer karena fungsi yang dicari pengguna, yaitu ada aplikasi scanner, wallpaper dan messaging.

Berikut daftar delapan aplikasi yang membawa malware Joker

1.Auxiliary Message

2.Fast Magic SMS

3.Free CamScanner

4.Super Message

5.Element Scanner

6.Go Messages

7.Travel Wallpapers

8.Super SMS

(kil/dna)