Berkat Game dan Shopee, Pria Ini Jadi Orang Terkaya Singapura!

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 10:07 WIB
Forrest Li Dok Forbes
Foto: Forrest Li Dok Forbes
Jakarta -

Orang terkaya di Singapura kini diduduki pria berusia 43 tahun, Forrest Li. Dia merupakan pengembang game kenamaan, Garena dan pendiri Sea Ltd yang merupakan perusahaan induk e-commerce Shopee.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, Rabu (1/9/2021), Forrest Li kini memiliki kekayaan US$ 19,8 miliar atau setara dengan Rp 281,50 triliun (kurs 14.217). Itu terjadi setelah saham perusahaannya terus mengalami kenaikan, penerimaan penyimpanan Sea's American naik 67% tahun ini.

Pria yang lahir di China dan telah menjadi warga negara Singapura itu bahkan telah mengalahkan orang terkaya kedua di negara itu, taipan perusahaan cat Goh Cheng Liang yang memiliki kekayaan bersih US$ 17,7 miliar.

"Ini adalah contoh lain bagaimana miliarder teknologi mengalami kenaikan peringkat nilai kekayaannya di negara-negara di Asia," tulisnya.

Seperti diketahui, Sea yang merupakan perusahaan dengan nilai tertinggi di Asia Tenggara telah beralih ke fintech untuk mendongkrak pertumbuhannya di luar game dan e-commerce.

Perusahaan ini bahkan juga berkembang di luar kawasan Asia. Menurut sejumlah sumber pada Januari, Sea telah memenangkan lisensi perbankan digital di Singapura pada Desember dan mengakuisisi PT Bank Kesejahteraan Ekonomi Indonesia, lebih dikenal sebagai Bank BKE.

"Kedua langkah tersebut bisa memungkinkan grup untuk mengembangkan bisnis SeaMoney-nya di luar pembayaran untuk memasukkan pinjaman, asuransi, manajemen kekayaan, dan layanan keuangan lainnya," kata Analis dari Bloomberg Intelligence, Nathan Naidu.



Simak Video "Banyak Orang Tajir Jual Rumah di Pondok Indah-Menteng"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)