Mau Mulai Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19? Kuncinya Cuma Ini Kok!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 02 Sep 2021 06:37 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pandemi COVID-19 telah banyak memukul dunia usaha. Namun, di tengah pandemi tersebut juga lahir pebisnis-pebisnis yang sukses.

Salah satunya Edho Zell yang membuat Nyapii yakni bisnis kuliner daging asap atau yang lebih dikenal Sei Sapi. Nyapii dibentuk saat masa awal-awal pandemi yakni Juli 2020. Nyapii dalam waktu sekitar tiga bulan sudah memiliki 30 cabang dan kini memiliki 70 outlet.

Pria yang juga influencer ini mengatakan, kunci kesuksesan bisnisnya adalah digitalisasi. Dia bilang, jika dulu untuk sukses harus percepatan digital, kini untuk bisnis mau tak mau harus terjun ke digital.

"Pada saat di buat pun Nyapii sudah kita rancang sedemikian rupa supaya online ready, digital ready, Jadi semua outlet kita bikin semuanya harus menggunakan orang bisa pesan secara online, dan mendapatkan makanannya, sampai ke tempat mereka dalam kondisi yang bisa dinikmati dengan baik," katanya dalam acara d'Mentor detikcom, Rabu (1/9/2021).

Edho juga menuturkan, dari sisi pemasaran pun mengoptimalkan digitalisasi.

"Dari sisi marketing, sosial media yang kita kuatin, kemudian dari sisi ads apa segala macam itu yang kita rancang sedemikian rupa. Karena kita percaya kuncinya untuk bisa bertahan di pandemi ini ya digital," tambahnya.

Menurutnya, saat ini sulit jika hanya mengandalkan gerai fisik. Sebab, perilaku masyarakat sudah berubah. Apalagi, masyarakat sulit lepas dari smartphone.

"Jadi gimana caranya kita bisa penetrasi ke handphone mereka, ke target mereka ya melalui handphone mereka ini, melalui ads, melalui sosial media, melalui digital media," ungkapnya.

Edho bilang, salah satu kunci agar bisa bersaing di era digital ini adalah sensitif dengan tren. Ia pun mencontohkan, ketika awal-awal bisnis Nyapii memanfaatkan TikTok.

"Nomor satu sih harus sensitif sama yang namanya tren, karena tren ini kan berubah terus ya, terutama nomor satu tren penggunaan platform. Kayak sekarang TikTok besar banget, bisa dibilang Nyapii adalah salah satu yang pertama kali menggunakan TikTok sebagai bisnisnya," katanya.

"Dulu waktu itu kita viral di TikTok 2,5 juta viewer, gede banget, waktu itu di TikTok cuma ada beberapa brand Esteh Indonesia sama Nyapii," imbuhnya.



Simak Video "d'Mentor: Bisnis Kreatif dan Adaptif Ala Edho Zell"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)