Daftar Kelakuan PNS yang Bisa Bikin Dipecat, Jangan Coba-coba!

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 02 Sep 2021 10:43 WIB
73 PNS Dipecat
Foto: Tim Infografis/Fauzan Kamil
Jakarta -

Pegawai negeri sipil (PNS) tidak bisa bekerja seenaknya karena diatur oleh Undang-undang (UUD). Jika melanggar ketentuan yang sudah ada, pegawai abdi negara bisa dipecat.

Berdasarkan pengalaman, PNS dipecat karena bolos kerja, penyalahgunaan narkoba, hingga beristri lebih dari satu tanpa sepengetahuan atasan. Lantas, apa saja sih kelakuan yang bisa membuat PNS dipecat?

Salah satu ketentuannya diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen PNS. PP tersebut diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 28 Februari 2020.

Dikutip detikcom, Kamis (2/9/2021), pasal 250 dijelaskan PNS akan diberhentikan tidak dengan hormat jika melakukan penyelewengan terhadap Pancasila dan UUD 1945, serta jika dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan jabatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan.

Jika tidak mau dipecat, PNS juga dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik atau dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan hukuman paling singkat 2 tahun dan pidana yang dilakukan berencana.

Kemudian jika melihat dari Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil, dalam pasal 3 disebutkan lebih rinci yang harus dilarang PNS. Berikut daftarnya di halaman berikutnya.



Simak Video "Walkot Makassar Heran Anak Buahnya Punya Mobil Mewah"
[Gambas:Video 20detik]