Cerita UMKM Asal Surabaya, Bisnis Naik Pesat Usai Hijrah ke Online

Syahputra Eqqi - detikFinance
Kamis, 02 Sep 2021 13:27 WIB
Grandvilleabon
Foto: Grandvilleabon
Jakarta -

Kisah menarik dimiliki oleh usaha F&B untuk kategori makanan anak bernama Grandvilleabon. Usaha tersebut dibangun pada tahun 2018 oleh Jessica FS di Surabaya, Jawa Timur. Semenjak pandemi, usaha ini beralih merambah ke bisnis online dari yang sebelumnya berjualan secara offline di pasar tradisional.

Ide terciptanya produk makanan tersebut bermula dari kesulitannya untuk memberikan makanan yang disukai anaknya yang berusia lima tahun. Setelah mencoba berbagai resep, Jessica berhasil menciptakan olahan daging berupa abon sapi yang kemudian dijadikan sebagai bisnis Grandvilleabon.

Namun penjualan yang ia lakukan secara offline tidak cukup berkembang. Ia merasa kesulitan dari segi jangkauan lantaran keterbatasan media promosi dan sistem pengirimannya. Hal inilah yang membuatnya memutuskan untuk mengembangkan bisnis Grandvilleabon miliknya secara digital.

Keputusannya dalam bergabung bersama Shopee ternyata membuahkan hasil yang signifikan. Berkat usaha melalui digitalnya pula, Jessica kini mampu membuka lapangan pekerjaan bagi 12 orang karyawannya di tengah pandemi.

Jessica mengaku awalnya memulai bisnis dari modal nekat, hingga keterpurukan penjualan offline membuatnya beralih ke platform digital.

"Awalnya saya hanya modal nekat saja untuk coba menjual produk Abon Sapi ini secara offline, namun tidak berkembang secara pesat karena penjualan hanya terjadi di pasar itu saja. Karena saya ingin bisa menjangkau pasar yang luas, saya memutuskan untuk berjualan secara online bersama Shopee, demi menjangkau cakupan penjualan secara nasional," ujar Jessica dalam keterangan tertulis, Rabu (1/9/2021).

Selain mempermudah perkembangan bisnisnya, Shopee juga mendukungnya melalui edukasi dan pendampingan berkelanjutan. Terkait edukasi, Shopee memberikan ilmu mengenai cara efektif untuk menjalankan bisnis melalui penerapan literasi digital, strategi efektif untuk optimalisasi penjualan, cara pengemasan barang yang baik, sistem pengiriman yang efisien, hingga strategi pemasaran seperti Instagram ads, Facebook ads, dan Google ads. Ia juga diajak berpartisipasi di beberapa kampanye Shopee, untuk memperoleh traffic untuk meningkatkan penjualan produk.

Pelatihan yang diberikan Shopee membuat Jessica paham kebiasaan dan keinginan pasar, sehingga bisnisnya terus tumbuh. Terbukti, perkembangan Grandvilleabon bersama Shopee selama hampir tiga tahun telah mengalami peningkatan yang pesat.

Jessica menjelaskan bahwa digitalisasi sangat membantu usahanya. Selain itu bisnis kuliner juga banyak diminati konsumen karena merupakan produk kebutuhan sehari-hari.

"Kebutuhan pangan masyarakat Indonesia, khususnya anak, menjadi hal esensial dan prioritas yang perlu dipenuhi setiap harinya. Saya melihat langsung bagaimana berjualan secara online membantu bisnis saya berkembang dengan optimal. Terima kasih Shopee telah mendampingi Grandvilleabon," tutur Jessica.



Simak Video "Resmikan Kampus Khusus UMKM, Gibran: Agar Solo Naik Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/hns)