Mau Magang di Kantor Sri Mulyani? Dengerin Dulu Tips dari Bosnya

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 03 Sep 2021 10:43 WIB
Gedung Utama Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan kini diberi nama Gedung Marie Muhammad. Ini dia gedung yang menjadi pusat operasional DJP.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi untuk menjadi tempat magang bagi para mahasiswa. Namun, untuk tahap awal pemagangan di institusi bendahara negara tersebut baru melibatkan tiga perguruan tinggi.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pun memberikan petuah bagi para mahasiswa yang akan magang di kementeriannya. Peserta magang diharapkan dapat mengetahui bagaimana seluk beluk dan berbagai hal mengenai keuangan negara dikelola.

"Bagi saya ini adalah solusi supaya generasi-generasi muda, terutama yang sekarang sedang belajar di dalam kampus atau perguruan tinggi memahami mengenai sebuah pemahaman dasar mengenai mengurus negara dari sisi keuangan," kata Sri Mulyani dalam 'Edukasi Kementerian Keuangan untuk Membangun Generasi Unggul' Jumat (3/9/2021).

Kegiatan magang ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diinisiasi oleh Kemendikbud Ristek. Itu akan memberikan banyak sekali kemungkinan dari interaksi antara kampus dengan Kementerian Keuangan. Dari situ akan banyak sekali ide-ide yang muncul.

"Setiap interaksi nanti akan menimbulkan ide-ide baru, dan ini saya harapkan akan memberikan juga semangat dan motivasi, pertama untuk kampus yaitu para rektor dan para dekan terutama para pengajarnya para dosennya. Anda sekarang semua akan dibuka perspektifnya bahwa belajar itu nggak selalu di kampus," papar Sri Mulyani.