Mengintip Tren Belanja Online Selama Pandemi, Begini Datanya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 03 Sep 2021 13:03 WIB
Lebaran tahun ini masih belum bisa pulang kampung, namun untuk mendekatkan hati dengan sanak saudara bisa memberikan berbagai parsel yang bermanfaat.
Foto: detikcom
Jakarta -

Konsumen Indonesia terbukti lebih loyal terhadap ecommerce karya anak bangsa. Hal tersebut terungkap dari hasil survei digital Jakpat Special Report e-Commerce 1st Semester of 2021.

Dalam survei yang melibatkan 1.054 responden di 25 provinsi itu, berdasarkan parameter Net Promotor Score (NPS), posisi Tokopedia di atas kompetitornya seperti Bukalapak, Lazada, JDID, Blibli dan juga Shopee.

Selama periode semester I-2021, angka NPS Tokopedia sebesar 49 persen dari 567 responden. Hal ini menggambarkan bahwa sekitar 49 persen pengguna ecommerce karya anak bangsa ini memberikan rekomendasi ke konsumen lainnya.

Posisi kedua adalah Shopee dengan NPS 42 persen, Lazada 32 persen, Bukalapak 32 persen dan JD.ID dengan angka NPS yang sama yaitu 32 persen.

Yang menarik, sekitar 9 persen dari 837 responden Sophee tidak merekomendasikan untuk menggunakan platform e-Commerce ini. Dengan parameter yang sama, hanya 5 persen responden yang tidak merekomendasikan Tokopedia.

NPS merupakan salah satu tolak ukur utama bagi bisnis e-Commerce. Dipelopori oleh Fred Reichheld, penulis The Ultimate Question, NPS adalah metrik loyalitas pelanggan yang memprediksi kemungkinan seorang pelanggan membeli kembali dari penjual atau merekomendasikan langsung kepada teman.

Bersambung ke halaman selanjutnya.