Pulihkan Ekonomi Desa dengan Pariwisata, Bagaimana Caranya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 03 Sep 2021 20:30 WIB
Sektor pariwisata Indonesia babak belur dihantam virus Corona. Setahun COVID-19 di RI, sejumlah upaya pun dilakukan untuk bangkitkan pariwisata di Tanah Air.
Pulihkan Ekonomi Desa dengan Pariwisata, Bagaimana Caranya?
Jakarta -

Desa wisata menjadi salah satu cara daerah untuk mendorong pemulihan ekonomi. Dengan desa wisata ini bisa menciptakan daya tarik investasi yang kompetitif untuk menggerakan roda perekonomian.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengungkapkan ajang BCA Desa Wisata Awards 2021 menjadi sebuah sarana yang memberikan kesempatan untuk desa wisata mempromosikan kekayaan potensi yang dimiliki.

"Di tengah kondisi seperti ini, penting sekali untuk sinergi dengan berbagai elemen untuk menciptakan daya tarik investasi yang kompetitif untuk pemulihan ekonomi," kata Jahja, Jumat (3/9/2021).

BCA Desa Wisata Awards ini telah diikuti oleh lebih dari 465 desa wisata yang tersebar dari seluruh wilayah Indonesia hingga akhirnya menyisakan 20 finalis yang masuk ke tahap penjurian. Pada penyelenggaraannya, BCA Desa Wisata Award 2021 membuka kompetisi yang dibagi menjadi empat kategori yaitu Desa Wisata Kategori Alam, Desa Wisata Kategori Budaya, Desa Wisata Kategori Kreatif & Desa Wisata Kategori Digital.

Mulai dari tahap seleksi hingga proses penjurian ini, seluruh finalis telah mendapatkan berbagai pelatihan seperti Komunikasi dan Kepemimpinan, Teknik Foto Menggunakan Smart Phone, Social Media Branding, Perkembangan Pariwisata Indonesia, Masa Depan Desa Wisata, Teknik Presentasi & Layanan Prima 4.0.

Lanjut ke halaman berikutnya.