Enak Banget! Lagi Pandemi, Harta Orang Ini Bertambah Rp 53 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 04 Sep 2021 16:30 WIB
Mukesh Ambani, India
Foto: Reuters
Jakarta -

Salah satu orang terkaya di India, Mukesh Ambani mencatat kenaikan jumlah kekayaan hingga US$ 3,7 miliar atau setara dengan Rp 53,2 triliun (asumsi kurs Rp 14.400).

Dikutip dari Forbes, disebutkan kenaikan kekayaan ini karena saham-saham yang dimilikinya melonjak. Saham Reliance Industries Ltd tercatat mengalami peningkatan karena rencana produksi hidrogen hijau dengan biaya yang lebih terjangkau.

Mukesh merupakan salah satu orang terkaya di Asia dengan jumlah harta US$ 92,6 miliar. Dari catatan Bloomberg Billionaires Index, disebutkan Taipan India itu bisa menyalip posisi Francoise Bettencourt Meyers dari L'Oreal yang memiliki harta US$ 92,9 miliar. Keduanya akan masuk dalam daftar pria terkaya dengan harga US$ 100 miliar.

Dia merupakan pengusaha yang sukses. Bahkan perusahaan telekomunikasinya di India menjadi pemain besar dan dari divisi digitalnya telah mendapat dukungan dari investor termasuk Facebook Inc.

Selain itu, perusahaan minyak raksasa Saudi Aramco juga ingin mengakuisisi saham milik Reliance. Dari kesepakatan ini potensinya mencapai US$ 25 miliar.

Mukesh sebelumnya juga membeli ikon di Inggris, Stoke Park Ltd seharga US$ 79 juta. Dalam beberapa tahun terakhir, dia telah membeli toko mainan Hamleys yang ikonik di Inggris dan dengan cepat menjadi operator telekomunikasi terbesar di India berdasarkan pelanggan sejak memulai layanan pada tahun 2016.

(kil/eds)