Pemerintah Mau Genjot Lumbung Pangan, Ini PR-nya

Siti Fatimah - detikFinance
Minggu, 05 Sep 2021 15:25 WIB
Personel Bhabinkamtibmas mengecek kondisi alat mesin pertanian (alsintan) bantuan dari pemerintah untuk petani yang terparkir di bengkel alsintan food estate Dadahup di Desa Bentuk Jaya, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Rabu (21/4/2021). Kementerian Pertanian akan mendistribusikan sebanyak 34.356 unit alat dan alsintan untuk mendorong produktivitas pertanian di tahun 2021 terdiri dari Cultivator, Hand Sprayer, Pompa Air, Rice Transplanter, Traktor Roda Dua serta Traktor Roda Empat. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Jakarta -

Pemerintah tengah mengembangkan lumbung pangan alias food estate. Petani muda minta dilibatkan dalam mempercepat pengembangan proyek tersebut.

Program food estate yang tengah dikembangkan pemerintah di antaranya berlokasi di Kalimantan Tengah, Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Timur.

Program tersebut dirancang untuk mempersiapkan ketahanan pangan nasional dalam rangka merespon laporan Food and Agriculture Organization (FAO).

Merespon hal tersebut, Ketua Forum Petani Muda Bali (Petani Muda Keren), AA Gede Agung Wedhatama P mengatakan, pihaknya sangat mendukung program Food estate, program tersebut dinilai sangat baik untuk mencapai ketahanan pangan nasional.

"Kalau saya sih bagus-bagus aja ya, karena kan food estate digalakkan membuat lahan-lahan baru yang tidak produktif dibikin produktif. Jadi, untuk sekarang yg optimis sih food estate ini akan berjalan baik. Akan berjalan sesuai dengan apa yang di impikan," ungkapnya, Minggu (5/9/2021)

Agung berpesan, yang harus diperhatikan oleh pemerintah dalam program Food Estate ini adalah sustainablity-nya atau berkelanjutan terkait program tersebut, hingga mencapai ketahanan pangan nasional.

"Tantangannya kan menurut kita ngomongin program itu kan kalau kami anak muda itu kan sustainablity, kelanjutannya, jadi bagaimana food estate ini bener-bener berlanjut, berjalan terus untuk menopang ketahanan pangan nasional, tidak hanya ketahanan pangan tapi kita bisa kedaulatan pangan dengan food estate," paparnya.

lanjut membaca ke halaman berikutnya



Simak Video "Alasan di Balik Keterlibatan Militer dalam Program Food Estate"
[Gambas:Video 20detik]