Jet Pribadi Ramai Disewa Sultan Selama Pandemi, Apa Alasannya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 05 Sep 2021 16:00 WIB
Salah Satu Jet Pribadi Yang Terparkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali
Ilustrasi Jet Pribadi (Foto: Angga Riza/detikcom)
Jakarta -

Layanan penyewaan pesawat pribadi alias private jet makin banyak dapat pesanan selama pandemi COVID-19. Peningkatan penyewa pesawat selama pandemi naik hingga dua kali lipat.

Menurut Direktur PT Indojet Sarana Aviasi Stefanus Gandi ketersediaan penerbangan menjadi alasan utama banyak orang memesan pesawat pribadi selama pandemi. Perusahaan milik Stefanus menyediakan jasa penyewaan pesawat pribadi.

Sebagai contoh saja, untuk perjalanan bisnis misalnya, banyak pebisnis yang mengeluh soal ketersediaan penerbangan yang makin sedikit selama pembatasan-pembatasan di tengah pandemi dilakukan. Sedangkan pekerjaan menuntut para pebisnis harus melakukan mobilitas ke daerah.

"Kan maskapai umum ini mulai sedikit penerbangannya. Banyak juga maskapai nggak beroperasi di beberapa rute, jadi untuk cari alternatif lain mereka sewa private jet," ungkap Stefanus saat dihubungi detikcom, Minggu (5/9/2021).

Di sisi lain, aturan maskapai umum yang makin ketat juga membuat beberapa orang beralih menyewa pesawat pribadi. Misalnya, saja aturan yang membatasi anak di bawah umur untuk terbang.

"Selama PPKM kan ada perbatasan penerbangan komersial buat anak-anak, belum lagi kalau di maskapai kan banyak peraturan. Jadi, selama PPKM ini tamu banyak beralih karena itu," ungkap Stefanus.

Di sisi lain, karena punya budget alias uang berlebih kemungkinan banyak orang ingin layanan yang privasi dan lebih aman daripada maskapai umum. Maka solusinya adalah menyewa private jet.

"Mungkin juga dia punya budget, mau layanan yang lebih privasi nggak antre dan sebagainya. Lalu, juga kata pelanggan kita lebih safety aja sih dari maskapai biasa," papar Stefanus.

Stefanus bercerita memang pelanggan private jet terus meningkat selama pandemi, bukan cuma di Indonesia tapi di seluruh dunia. Sebagai gambaran kecil saja, penyewaan pesawat yang dilakukan Indojet menurut Stefanus telah meningkat 125% sejak awal 2020 atau di saat pandemi COVID-19 mulai muncul.

"Fenomena ini kan memang terjadi peningkatan yang sama di private jet di seluruh dunia. Kalau kita saja totalnya ada kenaikan 125% dari pada 2020 awal sampai sekarang," papar Stefanus.

"Terhitung sejak awal pandemi memang keterusan ini tumbuh, memang banyak orang mulai beralih ke private jet," ujarnya.

(hal/dna)