ADVERTISEMENT

Cuma Jempol yang Gerak, UMKM Kini Tak Perlu ke Toko Grosir Ambil Dagangan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 05 Sep 2021 21:35 WIB
bisnis online
Foto: iStock
Jakarta -

Pemerintah secara bertahap telah melonggarkan aktivitas kegiatan masyarakat. Dengan kondisi tersebut, maka perlu bagi pelaku UMKM untuk menyiapkan stok dagangan.

Di tengah kondisi yang masih terbatas, para UMKM kini bisa menjangkau toko grosir melalui teknologi digital. Aplikasi pembukuan digital UMKM CrediBook meluncurkan CrediMart, toko grosir online berbasis web untuk membantu pelaku usaha memenuhi kebutuhan stok barang dagangan sehari-hari.

Para pelaku usaha dapat berbelanja grosir secara online lewat www.credimart.id dan akan diantarkan ke lokasi pemesan 1x24 jam setelah pesanan dilakukan.

CEO dan Co-Founder CrediBook Gabriel Frans menjelaskan bahwa CrediMart lahir untuk menghilangkan hambatan pada proses pengadaan stok barang dagang para pelaku UMKM.

"Selain pencatatan keuangan, UMKM seperti toko dan warung juga menghadapi hambatan dalam pengadaan stok barang dagang, seperti jauhnya jarak ke pusat grosir, repot membawa barang belanjaan, dan metode pembayaran yang harus tunai. Akibatnya, stok barang dagang di toko atau warung jadi tidak lengkap. Ini berpotensi mengurangi penjualan mereka. Sehingga kami hadirkan CrediMart, toko grosir online agar UMKM bisa belanja stok barang dagang tanpa harus meninggalkan lokasi usaha," jelas Gabriel dalam keterangannya, Minggu (5/9/2021).

CrediMart dilengkapi dengan beragam metode pembayaran. Mulai dari tunai, cash on delivery hingga skema jatuh tempo.

"Skema bayar jatuh tempo (buy now pay later) kami hadirkan untuk memudahkan pemilik usaha mengelola cashflow UMKM. Cara bayar ini tentu sulit didapatkan apabila belanja langsung ke toko grosir konvensional. Di CrediMart, toko atau warung dengan riwayat pembayaran yang baik dapat menikmati fasilitas cara bayar jatuh tempo ini," terang Gabriel.

Dalam menjalankan operasionalnya, CrediMart berkolaborasi dengan toko grosir konvensional.

"CrediMart membantu menjual barang milik toko grosir konvensional. Kami berperan sebagai sales bagi rekan grosir kami di ranah online. Platform CrediMart mendigitalisasi transaksi yang selama ini dilakukan secara fisik atau tatap muka oleh toko grosir dengan pemilik usaha. Para pelanggan yang berbelanja di CrediMart juga mendapatkan added value seperti fasilitas pengantaran dan fleksibilitas cara bayar," jelas Gabriel.

(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT