Mau Lolos Wawancara Kerja? Ini Tips Lengkap Biar HRD Auto Kepincut

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 06 Sep 2021 06:00 WIB
surat lamaran kerja
Foto: iStock
Jakarta -

Mencari pekerjaan di tengah pandemi COVID-19 terbilang susah-susah gampang. Apalagi untuk golongan fresh graduate (lulusan baru) yang harus bersaing dengan kandidat berpengalaman.

Eits, jangan terburu-buru menyerah, karena tak jarang perusahaan yang mencari kandidat dari lulusan baru. Alasannya seperti lulusan baru mudah beradaptasi dan belajar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kemudian lulusan baru juga cenderung memiliki semangat kerja yang tinggi.

Chairman Asosiasi Praktisi dan Profesional ADM Future HR (FTHR) Audi Lumbantoruan berbagi beberapa tips dari mulai dari melamar kerja, wawancara virtual, hingga sikap yang harus dihindari saat wawancara.

Audi mengatakan, tips yang pertama bagi pelamar kerja baik itu fresh graduate ataupun berpengalaman harus mencari informasi melalui media online atau media resmi perusahaan.

"Banyak sekali perusahaan yang beralih membuka lamaran itu melalui virtual," kata Chairman Asosiasi Praktisi dan Profesional ADM Future HR (FTHR) Audi Lumbantoruan saat dihubungi detikcom, Minggu (5/9/2021).

Sementara itu, Kementerian Ketenagakerjaan dalam unggahan di Instagram menambahkan tiga tips lainnya seperti menjalin networking, artinya menggunakan relasi untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Kemudian, bersikap ekstra responsif saat mendapatkan panggilan interview, serta siap selalu jika harus interview virtual.

Simak tips lengkapnya di halaman berikutnya.