ADVERTISEMENT

Mau Lolos Wawancara Kerja? Ini Tips Lengkap Biar HRD Auto Kepincut

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 06 Sep 2021 06:00 WIB
surat lamaran kerja
Foto: iStock

Terkadang, ada yang masih bingung apa saja yang harus disiapkan saat wawancara virtual. Berikut tips dari Andi Lumbantoruan:

Jangan telat

"Pertama jangan sampai telat ya, itu memberikan image yang tidak baik. Karena kan virtual harusnya bisa disiapkan dengan baik," kata Andi

Siapkan peralatan

Dari sisi peralatan yang dibutuhkan seperti laptop, komputer, atau smartphone, speaker, earphone dan platform wawancara yang digunakan. Biasanya menggunakan Zoom meeting, Google Meet, dan lain sebagainya.

"Pastikan internetnya lancar, komputernya jangan habis baterai. Dites dulu satu jam sebelum dimulai wawancara. itu menjadi faktor penting yang mempengaruhi hasil dari wawancara Anda, karena apa? Sedikit saja masalah itu terjadi, impresi pewawancara anda itu langsung besar walaupun kita tahu itu nggak bisa dihindari misalnya internetnya down," jelasnya.

Kelengkapan berkas

Pastikan sebelum wawancara dimulai sudah mengirimkan terlebih dulu resume atau CV, sehingga ketika interview sudah mengetahui garis besar pengenalan dan mempromosikan diri.

Pakaian rapi dan sopan

Bicara dengan baik, aktifkan video saat wawancara virtual, menggunakan pakaian rapi yang mempresentasikan kepribadian Anda.

Agar hasil semakin maksimal, penting untuk diketahui sikap apa saja yang harus dihindari saat wawancara pekerjaan:

Merasa paling pintar

Meskipun sudah berpengalaman, jangan menunjukkan sikap over confident karena dapat mempengaruhi penilaian. Anda harus membangun image dan bangun persepsi yang baik.

Jangan mendominasi pembicaraan

Hal ini terjadi khususnya jika sampai tidak memberikan kesempatan pada recruiter untuk memberikan pertanyaan. Usahakan untuk bersikap adaptasi termasuk dalam membawa alur pembicaraan saat interview kerja.


(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT