Erick Pastikan UMKM Dapat Jaminan Modal-Akses Pasar, Begini Cara Dapatnya

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 06 Sep 2021 11:01 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir cek obat di Kimia Farma Depok
Foto: Siti Fatimah/detikcom
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan usaha mikro kecil menengah (UMKM) bisa mendapatkan kemudahan pembiayaan atau modal, pembinaan hingga bisa menjual produk dan jasa ke pemerintah dan BUMN.

"Kami akan berusaha memberikan yang terbaik bagi para UMKM untuk mendapatkan kemudahan pembiayaan, kepastian pembayaran, akses pasar, dan pembinaan yang berkelanjutan," kata Erick dalam acara Pasar Digital UMKM Indonesia Virtual Expo Batch 2, Senin (6/9/2021).

Hal itu dilakukan dengan bergabung ke Pasar Digital UMKM atau PaDi UMKM yang kini sudah memasuki tahap dua. Berdasarkan website PaDi UMKM, merupakan platform digital yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, dan bersinergi dengan BUMN, Kementerian UMKM dan juga Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah.

PaDi UMKM dibentuk dengan tujuan untuk membuka akses pasar yang lebih luas bagi UMKM serta untuk pengadaan barang dan jasa ke Pemerintah maupun BUMN. Selain itu untuk mendukung UMKM yang kini dituntut untuk memasuki dunia digital dalam memasarkan produknya.

"Mendorong UMKM terus bertransformasi dan beradaptasi sehingga terbentuk kemitraan yang terus menguat dan tentu kami akan bersama setia mendampingi UMKM agar siap menghadapi perubahan situasi dan kebiasaan baru yang tumbuh di masyarakat," lanjut Erick.

Erick mengatakan sebelumnya, pada tahap satu, sudah ada 244 UMKM yang bergabung di platform PaDi UMKM. Kemudian terbaru sudah ada peningkatan, dan kini totalnya mencapai 295 UMKM

"Jadi ada peningkatan dari 244 ke 295 dengan bergabung di PaDi UMKM, dengan ini Anda menjadi bagian penting dari keluarga besar pada UMKM yang menaungi 10.100 UMKM yang sudah saya sampaikan sebelumnya,"imbuhnya.

Erick mengatakan adanya platform PaDi UMKM diharapkan bisa memperkuat UMKM sebagai tulang punggung perekonomian RI.

"Dengan Kementerian Koperasi ini kita perkuat UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia, saya juga ingin memastikan BUMN menjadi guru perekonomian Indonesia untuk mencapai Indonesia tangguh," ungkapnnya.

Melalui PaDi UMKM inilah Kementerian BUMN memberikan peluang besar dan ruang yang luas kepada pelaku UMKM untuk menjadi pemasok dan vendor BUMN. Di samping itu, platform PaDi UMKM ini akan berguna sebagai sarana monitoring belanja pengadaan barang dan jasa BUMN kepada UMKM.

Proses transaksi pengadaan barang dan jasa BUMN dilakukan secara online dan seluruh pembiayaan/pembayaran dilakukan dengan transaksi non-tunai.



Simak Video "Siasat Erick Minta Gratiskan Toilet SPBU Dinilai Jitu Kerek Popularitas"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)