Daftar 5 Pemilik Klub Terkaya Liga Inggris, Abramovich Nomor Berapa?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 06 Sep 2021 11:06 WIB
LONDON, ENGLAND - MAY 15:  Chelsea owner Roman Abramovich is seen prior to the Barclays Premier League match between Chelsea and Leicester City at Stamford Bridge on May 15, 2016 in London, England.  (Photo by Paul Gilham/Getty Images)
Roman Abramovich/Foto: Getty Images/Paul Gilham
Jakarta -

Menjadi pemilik klub sepak bola bukan hal yang mudah. Sering kali dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk menjalankan klub tersebut dengan baik.

Semakin tinggi kelas klub sepak bola tersebut, maka semakin banyak juga biaya yang diperlukan. Mulai dari biaya manajemen, gaji pemain dan pelatih, serta berbagai biaya lainnya.

Mengutip Sportskeeda, Senin (6/9/2021), tidak heran bila hanya orang-orang yang benar-benar sangat kaya yang dapat menjadi pemilik klub sepak bola besar. Seperti pada Liga Premier Inggris yang bisa dibilang liga terbesar di dunia, hanya beberapa orang yang benar-benar kaya yang dapat memiliki klub sepak bola.

Berikut lima pemilik klub terkaya di Liga Inggris:

5. Joe Lewis dan Daniel Levy (Tottenham Hotspur) - US$ 6 miliar atau Rp 85,8 T

Daniel Levy, nama ini sering muncul di berita utama sebagai bos Tottenham Hotspur. Levy terkenal karena keterampilan tawar-menawarnya, dan kekeraskepalaannya. Sementara itu Joe Lewis sebagai salah satu pemilik klub tersohor itu dapat dikatakan sebagai orang yang cukup low-profile.

Mereka berdua menjadi salah satu pemilik klub Liga Inggris terkaya dengan total kekayaan hingga US$ 6 miliar atau Rp 85,8 T (dengan kurs Rp 14.300/dolar AS)

4. Aiyawatt Srivaddhanaprabha dan keluarga (Leicester City) - US$ 6 miliar atau Rp 85,8 T

Leicester City merupakan salah satu klub sepak bola di Liga Premier. The Foxes mengejutkan seluruh dunia ketika mereka memenangkan Liga Premier pada tahun 2016, dan telah membuat banyak keputusan bagus sejak saat itu. Sebagai pemilik klub sepak bola, Aiyawatt Srivaddhanaprabha sempat dipuji oleh para penggemar dan pemain.

Sayangnya kematian tragis Vichai Srivaddhanaprabha membuat putranya Aiyawatt mengambil alih, dan pengusaha Thailand itu nyaris tidak melakukan kesalahan. Hal tersebut pun membuat dirinya serta keluarganya menjadi salah satu pemilik klub terkaya di Liga Inggris dengan total kekayaan hingga US$ 6 miliar (Rp 85,8 triliun).

3. Stan Kroenke (Arsenal) - US$ 10 miliar atau Rp 143 T

Berbeda dengan Vichai Srivaddhanaprabha, pemilik klub sepak bola yang satu ini kurang disenangi para penggemar sepak bola, terlebih oleh para fan Arsenal.

Stan Kronke sempat mendapat banyak kritikan ketika dirinya kerap belanja tanpa hasil yang memuaskan bagi Arsenal. Pada musim ini pun The Gunners harus babak belur ketika selalu gagal dalam meraih poin di bawah manajemen Mikel Arteta. Tidak heran bila fan The Gunners merasa cukup geram.

Meski demikian, Kronke merupakan salah satu pemilik klub terkaya di Liga Inggris. Pria berkebangsaan Amerika Serikat (AS) itu juga dikatakan memiliki perusahaan Los Angeles Rams dan Denver Nuggets total harta hingga US$ 10 miliar (Rp 143 triliun).

Lihat juga video 'Ruben Dias Jadi Pemain Terbaik Liga Inggris 2020-2021':

[Gambas:Video 20detik]



Roman Abramovich di posisi berapa? Cek halaman berikutnya.

2. Roman Abramovich (Chelsea) - US$ 11,3 miliar atau Rp 161,5 T

Sementara penggemar Arsenal mungkin tidak senang dengan Stan Kroenke, penggemar Chelsea dipenuhi dengan kegembiraan karena Roman Abramovich sebagai pemiliknya.

Roman Abramovich dirasa mampu memberikan pengaruh yang baik bagi kesuksesan Chelsea sejak dirinya menjadi pemilik klub pada tahun 2003. Pria asal Rusia itu bukan orang yang banyak bicara, tetapi Chelsea telah menjadi salah satu klub terbesar di dunia di bawah kepemilikannya, dan Abramovich terus menjadi pengaruh besar.

Selain menjadi orang yang cukup berpengaruh baik dalam perkembangan klub sepak bola Chelsea, Abramovih pun diketahui memiliki total harta mencapai US$ 11,3 miliar atau sekitar Rp 161,5 triliun.

1. Sheikh Mansour (Manchester City) - US$ 20 miliar atau Rp 286

Seperti Chelsea di bawah Roman Abramovich, Manchester City telah menjadi salah satu yang terbaik di dunia di bawah kepemilikan Sheikh Mansour.

Kedatangan Sheikh Mansour telah menandai penandatanganan beberapa pemain terbaik di dunia, dan Manchester City telah menjadi salah satu klub dengan belanja terbesar. Pengeluaran mereka tidak sia-sia, dengan Manchester City sekarang bisa dibilang tim terbaik di Eropa.

Tentu banyaknya pengeluaran Manchester City ini dapat terjadi campur tangan Sheikh Mansour yang besar. Pemilik yang satu ini dikatakan memiliki total kekayaan hingga US$ 20 miliar Rp 286 triliun.

(ara/ara)