Ini Daftar Kota Paling Bikin Stres Berkendara, Jakarta Urutan Berapa?

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 07 Sep 2021 13:15 WIB
Mobilitas kendaraan di wilayah DKI Jakarta sejak awal pekan ini kembali meningkat, berbarengan dengan minggu kedua PPKM level 4. Begini penampakannya.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Studi yang dilakukan oleh Hiyacar, platform car-sharing asal Inggris, mengungkap daftar kota di dunia yang paling membuat stres saat berkendara.

Menariknya, Jakarta jadi kota peringkat ketiga yang dianggap paling membuat stres bagi pengemudi, terpaut 2 peringkat di bawah Mumbai di peringkat pertama dan Paris di peringkat kedua.

Hiyacar menilai, terpadat 36 kota di dunia berdasarkan beberapa faktor untuk menentukan kota mana yang paling bikin stres bagi pengemudi.

Pertimbangannya adalah jumlah mobil per kapita, jumlah kendaraan di kota, tingkat keparahan kemacetan lalu lintas, kualitas jalan, pilihan transportasi umum, jumlah kecelakaan lalu lintas per tahun dan kepadatan kota.

Setiap faktor itu dinilai pada skala poin 1-10 yang kemudian dihitung dengan skor kumulatif per kota yang dinilai. Semakin tinggi jumlah poin, maka kota tersebut dinilai paling bikin stres untuk berkendara.

Dari penilaian tersebut, Jakarta menempati posisi ketiga dari 36 kota paling bikin stres untuk berkendara. Jakarta mendapatkan poin 6,0 dari penilaian tersebut.