Lokasi 'Tempat Liburan' Pangeran Abu Dhabi di Aceh, Ada Apa di Sana?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 08 Sep 2021 20:30 WIB
Pulau Panjang dan Pulau Palambak
Foto: (Agus Setyadi/detikcom)

Dari penelusuran detikcom, Aceh Singkil sendiri adalah salah satu kabupaten di barat daya Provinsi Aceh. Sebagian wilayahnya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Kabupaten ini terdiri dari dua wilayah, yakni daratan dan kepulauan.

UEA sendiri berminat untuk menggarap potensi wisata di Kepulauan Banyak, yang merupakan daerah teritorial Aceh Singkil. Bentuknya berupa gugusan pulau-pulau kecil di tengah laut lepas pantai pesisir barat Aceh.

Luhut menjabarkan saat ini perwakilan Abu Dhabi sudah berkontak secara intens dengannya, khususnya dengan Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Al-Mazroui. Dia mengatakan bulan ini perwakilan Abu Dhabi bakal datang ke Indonesia untuk melanjutkan minat pengembangan resor di Aceh.

"Tanggal 13-15 mereka mau datang ke sini lagi untuk bicara proyek kerja sama Indonesia-Abu Dhabi," ungkap Luhut.

Lalu apa saja kira-kira yang akan dibuat UEA di Kabupaten Aceh Singkil? Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pernah membeberkan hal tersebut.

Menurut Sandiaga Aceh menarik minat Abu Dhabi karena lokasinya yang tak terlalu jauh dari UEA. Aceh juga dipilih salah satu alasannya karena provinsi itu merupakan satu-satunya wilayah Indonesia yang mayoritas penduduknya Islam dan memberlakukan hukum syariah.

Sandiaga mengatakan pulau-pulau di Aceh Singkil bakal disulap menjadi resor-resor mewah sekelas Kepulauan Maladewa.

"Pulau-pulau di Aceh mau mereka bikin seperti di Maldives. Sebetulnya itu yang keluar dari diskusi kita," ujar Sandiaga Uno saat ditemui detikcom di kantor kerjanya, Gedung Sapta Pesona, lantai 16, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Lanjut ke halaman berikutnya.