Lokasi 'Tempat Liburan' Pangeran Abu Dhabi di Aceh, Ada Apa di Sana?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 08 Sep 2021 20:30 WIB
Pulau Panjang dan Pulau Palambak
Foto: (Agus Setyadi/detikcom)

Dia melanjutkan pulau-pulau di Aceh Singkil bakal dibuat menjadi cottage-cottage yang mengambang di air. Pulau-pulau di Aceh ini dinilai cocok untuk liburan keluarga karena lokasinya yang terbuka namun sedikit terpencil.

"Cottage di Maldives itu kan on the water, itu yang menarik buat mereka, terbuka, lebih secluded (terpencil), bisa buat keluarga. Nah itu yang bisa cocok untuk wisatawan dari mereka (UEA)," jelas Sandiaga.

Adapun beberapa pulau-pulau di Aceh Singkil yang dapat dipertimbangkan sebagai lokasi pengembangan kawasan wisata mewah antara lain adalah Pulau Ujung Batu, Pulau Sikandang, Pulau Balong, Pulau Asok, Pulau Ragaraga, Pulau Orongan, Pulau Matahari, Pulau Tambarat dan Pulau Bangkaru.

Nah di sisi infrastruktur transportasinya, pemerintah juga akan mengembangkan pelabuhan dan bandara. Mulai dari membangun Pelabuhan Singkil dan pemugaran Bandara Syekh Hamzah Fansyuri.

Dalam catatan detikcom, perusahaan yang akan masuk dalam proyek resor mewah di Aceh adalah Murban Energy. Mengutip portal resmi Kemlu, Murban Energy dimiliki oleh pengusaha PEA, Mohamed Thani Al-Rumaithi yang juga merupakan Ketua KADIN Abu Dhabi.

Direktur Eksekutif Murban Energy Amine Abide telah melakukan penandatangan perjanjian proyek dengan Gubernur Aceh Nova Iriansyah pada Maret lalu. Bahkan, Amine Abide dikabarkan juga sudah berkunjung langsung ke Kepulauan Banyak untuk melihat potensi wisatanya.

Murban Energy pun namanya sudah cukup diperhitungkan di dunia pariwisata. Mereka merupakan perusahaan yang mengembangkan kawasan wisata mewah di Kepulauan Maladewa dan Seychelles.


(hal/fdl)