Kemenhub Kebut Sistem Logistik di Tanjung Priok dengan Cara Ini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 08 Sep 2021 20:15 WIB
Suasana aktivitas bongkar muat di Jakarta International Container Terminal, Jakarta Utara, Rabu (5/9/2018). Aktivitas bongkar muat di pelabuhan tetap jalan di tengah nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terpuruk. Begini suasananya.
Foto: Pradita Utama

Pihaknya juga mengapresiasi seluruh instansi Pemerintah dan stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok yang telah bersinergi dalam penerapan Single TID ini.

"Kita semua berharap bisa menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan bertaraf internasional dan pelabuhan hub yang mencerminkan transparansi, kolaborasi, berdaya saing dengan penataan Sistem Informasi yang terintegrasi," tutup Wisnu.

Sebagai informasi, Single TID menjadi ID untuk identitas setiap truk, yang terdata secara terpusat di bawah pengawasan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan IPC (PT Pelindo II) serta di sistem operasi semua terminal dan digunakan untuk melakukan transaksi Gate In/Out di semua terminal di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok.

Adapun Sistem berbasis elektronik ini terkoneksi dengan sistem IT manajemen pelabuhan yang berisi database meliputi kelayakan teknis truk dan pengemudinya yang terkoneksi dengan sistem berbasis elektronik manajemen pelabuhan dan pengelola terminal yang berisi data nomor polisi kendaraan/truk serta pemilik/perusahaan angkutannya.



Simak Video "Kata Warga soal Sanksi Tilang Uji Emisi di DKI"
[Gambas:Video 20detik]

(kil/zlf)