Tolak Miskin

Podcast: PPKM Melandai, 'Pesta' Dimulai

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kamis, 09 Sep 2021 08:00 WIB
Podcast: PPKM Melandai, Pesta Dimulai
Foto: Tim Infografis/Luthfy Syahban
Jakarta -

Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berangsur dari minggu ke minggu disambut euforia di sejumlah tempat. Pelonggaran PPKM disambut peningkatan mobilitas masyarakat yang berujung kerumunan.

Salah satu yang teranyar adalah kerumunan di sebuah kafe hits di bilangan Jakarta Selatan. Kafe tersebut melanggar pembatasan jam operasional dan menimbulkan kerumunan.

Bukti euforia lainnya adalah peningkatan kunjungan ke mal yang didapat dari data screening aplikasi PeduliLindungi. Sialnya, dari screening yang dilakukan ada sekitar 1.625 orang yang terdeteksi masuk ke kategori hitam. Kriteria hitam ini adalah mereka yang positif COVID-19 atau kontak erat dengan yang positif.

Benarkah penegakan aturan kebijakan PPKM kali ini kembali sama seperti pelonggaran pada kebijakan-kebijakan sebelumnya? Apakah kita akan kembali terjebak pada siklus pengetatan-pelonggaran seperti sebelum-sebelumnya?

Dengarkan obrolan bersama Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah di episode terbaru podcast Tolak Miskin: PPKM Melandai, 'Pesta' Dimulai. Klik widget di bawah ini untuk mendengarkan atau temukan Tolak Miskin di Spotify dan kanal siniar lainnya.

(eds/eds)