Siap-siap Bansos PKL-Warung Rp 1,2 Juta Meluncur, Masuk Dompet 1 Juta Orang

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 09 Sep 2021 11:45 WIB
Pekerja merapihkan uang Dollar dan Rupiah di Cash Center BRI Pusat, Jakarta, Kamis (5/6/2014). Nilai tukar rupiah hingga penutupan perdagangan sore pekan ini hampir menyentuh angka Rp 12.000 per-dollar US.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Pemerintah hari ini melakukan uji coba untuk menyalurkan bantuan tunai bagi PKL (pedagang kaki lima) dan warung. Besaran yang diberikan yakni Rp 1,2 juta dengan sasaran 1 juta orang.

Tahap pertama ini penyalurannya diberikan oleh Polrestabes Medan kepada PKL dan pemilik warung yang beberapa hadir secara langsung untuk perwakilan. Dalam uji coba itu juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

"Hari ini saya sudah laporkan ke Bapak Presiden bahwa saya dan Menkeu hadir untuk uji coba. Kalau sistemnya lancar nanti Bapak Presiden akan melaunching," kata Airlangga dalam memberikan bantuan tunai PKL-Warung di Polrestabes Medan yang dilihat virtual, Kamis (9/9/2021).

Lebih lanjut Sri Mulyani menjelaskan anggaran yang disiapkan untuk program bantuan tunai PKL dan warung sebesar Rp 1,2 triliun. Bantuan tersebut akan disalurkan ke sebanyak 1 juta orang penerima. Penyalurannya akan dilakukan oleh TNI dan Polri masing-masing 500.000 orang.

"Dengan demikian tugas yang dilakukan oleh TNI/Polri di lapangan bisa dipahami oleh masyarakat karena kadang kita meminta warungnya harus tutup atau harus berpindah, maka kemudian diberikan bantuan. Itulah yang disampaikan oleh Bapak Presiden," ujarnya.

Syarat penerima bantuan tunai PKL dan warung sebesar Rp 1,2 juta diberikan kepada yang belum pernah tersentuh bantuan seperti Banpres Produktif Usaha Mikro (BUPM) yang besarannya sama. Yang menerima juga dipilih dari daerah yang menerapkan PPKM Level 4.

"Tidak hanya Medan, tapi daerah yang kena PPKM level 4. Itu keputusannya Kementerian Dalam Negeri," ujarnya.

Tonton juga Peluang Bisnis Fried Chicken Gerobakan Rp 5 Juta

[Gambas:Video 20detik]



(aid/zlf)