Cek di Sini! Korban PHK Bisa Dapat Pelatihan di Tengah Pandemi

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 11 Sep 2021 08:35 WIB
Ilustrasi instruktur tenaga kerja
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Korban PHK hingga UMKM dapat kesempatan di tengah pandemi COVID-19. PT Tuban Petrochemical Industries (TubanPetro) melalui anak usaha, yaitu PT Polytama Propindo (Polytama), PT Petro Oxo Nusantara (PON), dan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), memberikan bantuan kepada masyarakat.

Salah satu anak usaha TubanPetro, yaitu Polytama, memberikan pelatihan kepada pekerja terdampak PHK, disabilitas, hingga UMKM. Salah satu pelatihan dari program bernama 'Mang Covid' alias Management Pencegahan Covid-19, yaitu memproduksi dan mengoperasikan disinfektan berbasis airborne.

Direktur Utama TubanPetro Sukriyanto mengatakan lewat program ini pihaknya berusaha untuk menciptakan solusi untuk bisa membantu pemerintah dan masyarakat dengan melibatkan korban PHK dan UMKM terdampak Covid-19 dilatih membuat alat disinfektan model baru dan menjadi jasa penyemprotan yang tersertifikasi.

''Dengan begitu bisa memberdayakan masyarakat atau kelompok terdampak Covid-19 sekaligus tersedianya lapangan usaha baru,'' ucap Sukriyanto dalam keterangannya, Sabtu (11/9/2021).

Selain memberi pelatihan, TubanPetro juga memberikan 50 Kantong Jenazah kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu pada 15 Juli 2021 lalu. Pemberian 10 Donasi Tabung Oksigen kepada Posko Covid KLHK, Jakarta. Pemberian bantuan dilaksanakan pada 23 Juli 2021. Juga, telah dilakukan donasi paket APD kepada Puskesmas Margadadi Indramayu.

Pada bulan ini, juga akan dilakukan donasi berupa P3K Kit, Tenda Posko Covid dan Rompi Kesehatan Kepada Puskesmas Juntinyuat Indramayu dan donasi Kantong Jenazah kepada RS Sari Asih Ajakarta dan BNPB.

Sementara di TPPI, juga telah dilakukan berbagai program untuk penanggulangan pandemi Covid-19 antara lain bantuan 100 alat rapid test serologi atau antibodi (RDT Micro-chip atau RDT IgG IgM ke Ponpes Sunan Bejagung pada 27 Januari 2021.

Penyerahan bantuan masker 5.000 pcs, Desinfektan 20 liter, Hand Sanitizer 10 liter ke Kodim Tuban pada 26 Februari 2021. Serta bantuan 275 Paket Sembako ke Masyarakat Desa Tasikharjo, Remen dan Purworejo.