Pemerintah Belum Lunasi Klaim RS COVID-19 Rp 3 T, Kapan Dibayar?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 13 Sep 2021 14:42 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin/Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Pemerintah akan melunasi tunggakan klaim rumah sakit rujukan COVID-19 tahun 2020 pada bulan ini. Dari tunggakan Rp 8 triliun, pemerintah sudah membayar Rp 5 triliun dan sisanya akan dilunasi September ini.

"Untuk klaim rumah sakit kita harapkan September ini tunggakan 2020 bisa selesai semua. Kita sudah mencairkan sekitar tunggakannya ada Rp 8 triliun, kita sudah cairkan sekitar Rp 5 triliun, mudah-mudahan nanti kita bisa kejar," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (13/9/2021).

Sedangkan pembayaran klaim rumah sakit tahun 2021 menurutnya sudah berjalan dengan relatif lebih baik dibandingkan sebelumnya.

"Nah untuk yang 2021 relatif berjalan dengan cukup baik kecuali ada dispute yang berjalan yang sekarang kita sedang bereskan dengan teman-teman dari BPKP," tutur Budi.

Selanjutnya untuk tunggakan insentif tenaga kesehatan (nakes) tahun 2020, dijelaskannya sudah selesai semua. Lalu insentif 2021 juga sudah berjalan cukup lancar.

"Insentif nakes ini adalah yang anggarannya ada di Kementerian Kesehatan, yaitu tenaga kerja kesehatan yang bekerja di rumah sakit pemerintah pusat, rumah sakit swasta dan juga rumah sakit TNI Polri, bukan yang bekerja di rumah sakit daerah karena memang anggarannya/uangnya sudah di-drop ke pemerintah daerah," tambahnya.

(toy/ara)