Ada Penjualan Daging Anjing di Pasar Senen, Pakar Minta Ada Penertiban!

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 14 Sep 2021 11:48 WIB
5 Cara Membedakan Daging Anjing dan Daging Sapi Supaya Tak Tertipu
Foto: iStock

Pakar Hukum Universitas Trisakti, Abdul Fickar menilai, DKPKP DKI Jakarta tak memahami isu mengenai penjualan daging anjing di pasar, sehingga cenderung menganggap mudah persoalan penjualan daging anjing.

"Karena itu dia tidak mengerti UU Pangan dan UU Perlindungan Konsumen, sehingga cenderung pendapatnya dangkal. Terutama dari perspektif religius. Karena, perdagangan daging tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan keagamaan masyarakat mayoritas, sehingga perlu pengaturan yang khusus. Copot saja Kepala DKPKP DKI Jakarta," kata Fickar.

Dia mengatakan, anjing merupakan binatang peliharaan. Harus ada larangan penjualam daging anjing, dan jika pun ada diperbolehkan, harus dilokalisir pada area terbatas. Menurutnya, pihak kepolisian tanpa diminta pun harus turun tangan, karena setiap permasalahan tersebut menimbulkan kerugian di masyarakat.

"Ini PR (pekerjaan rumah) pihak Polisi sebagai aparatur keamanan bisa masuk dengan sendirinya, tanpa diminta," ujarnya,

Sekedar diketahui, sebelumnya Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati telah menerima laporan terkait peristiwa tersebut. Pihaknya pun langsung turun ke lapangan melakukan penelusuran sekaligus berkoordinasi dengan PD Pasar Jaya selaku penanggung jawab Pasar Jaya Senen.

"Kawan-kawan saya langsung ke lapangan ke tempat yang dituju. Kami melakukan koordinasi dengan Pasar Jaya," kata Suharini saat dimintai konfirmasi, Jumat (10/9/2021)

Awalnya, DKPKP tak berhasil bertemu pedagang anjing dan penelusuran dilanjutkan. Setelah ketahuan, penjual daging anjing itu lalu dipanggil PD Pasar Jaya dan diberi sanksi.

"Kami selaku manajemen telah melakukan pemanggilan dan melakukan sanksi administrasi," ujar Manager Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya Gatra Vaganza kepada wartawan, Minggu (12/9/2021).



Simak Video "Jika Masih Bandel, Penjual Daging Anjing di Pasar Senen Ditutup Permanen!"
[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)