Berdarah-darah dan Anjlok, Segini Harga Brompton Sekarang

Siti Fatimah - detikFinance
Rabu, 15 Sep 2021 17:21 WIB
CHICHESTER, ENGLAND - JULY 28:  A competitor takes part on a yellow bike in the Brompton World Championship folding bike race, which is part of the Orbital cycling festival at Goodwood Motor Circuit on July 28, 2013 in Chichester, England. The race starts with a Le-Mans style sprint to the riders bike, which is then assembled and followed by a 15.2km ride. A strict dress code of jacket and tie applies, with an award going to the most stylishly dressed.  (Photo by Matthew Lloyd/Getty Images)
Foto: Matthew Lloyd/Getty Images
Jakarta -

Harga sepeda Brompton turun. Sepeda yang sempat booming pada akhir tahun 2020 ini sekarang kembali redup.

Ketua Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) Eko Wibowo Utomo mengungkapkan, harga Brompton kini mengalami penurunan hingga 20%. Menurutnya hal itu terjadi lantaran terjadinya kelebihan stok sepeda di pasarana.

"Permintaan masih tetap ada tetapi memang menurun di bandingkan tahun lalu. Menurunnya harga sepeda di karenakan terjadinya oversupply barang sepeda di pasar," ujar Eko saat dihubungi detikcom, Rabu (15/8/2021).

Dia mengatakan, sepeda Brompton merupakan salah satu sepeda yang memiliki segmen masyarakat menengah ke atas. Di negara asalnya, sepeda ini dikenal praktis untuk digunakan saat bepergian di pusat kota. Sementara itu, di Indonesia, tren sepeda Brompton semakin meningkat seiring dengan kesadaran akan kesehatan ditambah dengan gaya hidup.

"Tahun lalu kan memang karena permintaan sepeda sangat tinggi sekali, dan kesadaran masyarakat akan kesehatan di pandemi covid tinggi. Hingga untuk kelas tertentu itu merasa kalau main sepeda nggak pakai Brompton kayanya ga masuk, ga kelas lah. Jadi akhirnya penjualan permintaan Brompton tinggi sekali," ungkapnya.

Dia mengatakan, harga sepeda Brompton standar di tahun lalu dijual seharga Rp 45 juta. Saat ini, Brompton dijual sekitar Rp 34 juta sampai Rp 36,5 juta. Ada juga tipe Brompton yang dijual lebih mahal dari itu.

"Untuk Sepeda Brompton paling mahal series Limited Edition dan di keluarkan jarang sekali bisa mencapai Rp 50 sampai Rp 100 juta tergantung pasar responsnya dan jenis Limited Edition nya apa. Yang paling murah harga standard color Rp 32 - Rp 34 juta," kata Eko.

Berikut rincian harga berdasarkan penelusuran detikcom di salah satu marketplace.

Bersambung ke halaman selanjutnya



Simak Video "Maling Sepeda Mewah di Bintaro Diciduk Polisi"
[Gambas:Video 20detik]