Netflix Ada Saingan, Namanya Nurflix, Streaming Film Buatan Malaysia

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 15 Sep 2021 21:35 WIB
Netflix
Foto: doc Netflix
Jakarta -

Saat ini streaming film online jadi tren yang meningkat pesat. Streaming film online terkenal di dunia, Netflix nampaknya punya saingan baru dari Malaysia.

Streaming film buatan Negeri Jiran itu dinamakan Nurflix. Bos dari Nurflix bernama Syah Rizal Mohamed. Dia disebut sudah menggarap konten untuk platformnya sebelum diluncurkan pada Januari 2020. Total biaya yang sudah dia habiskan pun sebanyak US$ 9,7 juta.

"Kami menghabiskan US$ 9,7 juta untuk startup, tetapi perusahaan akan menghasilkan 1.000 (item) konten asli dalam berbagai kategori dengan 12.000 episode dalam lima tahun," kata Syah Rizal Mohamed, dikutip dari CNBC Indonesia Rabu (15/9/2021).

Uniknya, film yang disajikan dijamin halal oleh pembuatnya. Per Juli 2020 saja, Nurflix berhasil menggaet 10.000 pelanggan. Rencananya, perusahaan juga akan menggarap konten hingga global.

"TV halal umat Islam, berdasarkan nilai-nilai Islam," tulis Arab News.

Syah Rizal mengatakan fokus pasar layanan Nurflix baru Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura. Dia menargetkan, pasar Asia Tenggara yang menjadi sasarannya. Tidak hanya itu, dia juga akan membangun pusat Nurflix di Timur Tengah dan Eropa.

"Untuk mendapat daya tarik di pasar internasional," katanya.

Konsultan media Malaysia bernama Amir Hadir Azmi mengatakan layanan streaming syariah bisa jadi hal yang menarik, terutama untuk pengguna yang konservatif.

"Di Amerika, misalnya, ada layanan bernama Pure Flix yang melayani pemirsa Kristen yang lebih konservatif," katanya kepada Arab News.



Simak Video "Fantastis! 'Squid Game' Sumbang Cuan Rp 12,5 T untuk Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)