Erick Thohir: Swasta Jangan Ngakali BUMN, Harus Win-win

Siti Fatimah - detikFinance
Kamis, 16 Sep 2021 12:42 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan sambutan sebelum menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama Diplomasi Ekonomi untuk mendukung BUMN Go Global di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Kerja sama ini bertujuan memperkuat diplomasi ekonomi dalam mewujudkan visi BUMN Go Global yang diharapkan dapat meningkatkan nilai investasi BUMN di luar negeri dan mendorong performa ekspor Indonesia. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menekankan BUMN tak ingin menjadi seperti menara gading. Oleh sebab itu, pihaknya memastikan BUMN akan terus melakukan kerja sama baik itu dengan swasta ataupun Pemerintah Daerah dan harus saling menguntungkan.

"Kita tidak mau BUMN menjadi menara gading tetapi saya ingin pastikan kerja sama BUMN dengan swasta dan Pemda harus win-win, saling untung," kata Erick dalam acara tersebut yang disiarkan secara langsung melalui channel YouTube Kementerian BUMN, Kamis (16/9/2021).

Dalam praktiknya, Erick meminta agar pihak swasta yang menjalin kerja sama dengan perusahaan BUMN untuk tidak bermain curang. Kesepakatan yang terjadi antara keduanya harus saling menguntungkan.

"Saya juga minta para swasta yang berpartner dengan BUMN jangan ngakali. Harus win-win, apalagi sekarang di era yang sangat transparan, digitalisasi, COVID memaksa digitalisasi terjadi artinya transparansi dan pasar terbuka," jelasnya.

Di kesempatan tersebut, Erick juga mengapresiasi PT RNI Grup, BGR dan PTPN yang telah menginisiasi adanya Warung Pangan. Menurutnya, hal itu telah sejalan dengan yang ditekankan oleh Kementerian BUMN.

"Ini sejalan dengan tentu yang kita tekankan bahwa KemenBUMN sangat mendorong keberadaan BUMN dekat dengan rakyat, membangun UMKM dan membangun lapangan kerja, kita melihat warung pangan ini menjadi ekosistem yang baik, apalagi kemarin kita sudah baru luncurkan ultra mikro bagaimana BRI, PNM, dan Pegadaian bersatu menjadi sebuah kekuatan..," pungkasnya.

Lihat juga video 'Erick Thohir: Tak Mungkin BUMN Berpihak Pada Tenaga Kerja Asing!':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)