Lepas Sepatu, Jerry Sambuaga Pamer Pakai Produk Lokal di Podium

Siti Fatimah - detikFinance
Kamis, 16 Sep 2021 17:09 WIB
Wamendag
Foto: Siti Fatimah
Jakarta -

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga memamerkan pakaian dan aksesoris yang digunakannya saat melakukan sosialisasi hasil-hasil perundingan perdagangan internasional Indonesia EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA). Hal itu dilakukannya untuk mengajak masyarakat Indonesia mulai mencintai produk asli Indonesia demi mendukung kemajuan UMKM dalam negeri.

Apalagi, saat ini pemerintah gencar melakukan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). "Kita ini pemerintah ingin mendorong supaya masyarakat itu bangga dengan produk Indonesia, tapi jangan cuman bangga, beli barangnya, pakai barangnya, konsumsi barangnya dan ke depan kita bisa ekspor," kata Jerry dalam acara yang disiarkan secara langsung di YouTube Ditjen PPI Kemendag, Kamis (16/9/2022).

Dia mengatakan, cara untuk mulai mencintai produk Indonesia dimulai dari diri sendiri. Dia pun mencontohkan dalam kegiatan kesehariannya, busana hingga aksesoris seperti jam tangan dan sepatu ia beli dari perajin lokal.

"Contoh konkrit saya lagi pake batik 100% buatan Indonesia, bentuk keberpihakan kepada UMKM, jam tangan saya juga buatan Indonesia bahan kayu. Bahan kayu dari kampung halaman saya Pulau Siau Sulawesi Utara dan ini buatan Jawa Barat," kata Jerry.

Tak cukup sampai di situ, ia pun menyebutkan produk celana yang dia pakai merupakan produk lokal 100%. Hingga puncaknya, ia pun membuka sebelah sepatunya untuk membuktikan barang yang dia gunakan asli buatan lokal.

"Saya izin ya tunjukkan, sepatu yang saya pakai ini saya beli online, bahannya dari kulit warnanya pastel hijau. 100% dari Jawa Barat. Dan ini karena yang jual senang sama saya khusus nama produknya dengan nama saya Jerry Sanbuaga," tuturnya.

Dirinya mengaku tidak bosan untuk terus mengingatkan masyarakat dalam setiap kesempatan dalam menggunakan produk lokal. Sebab, dengan ajakan yang terus-menerus masyarakat akan semakin sadar akan keharusan mencintai produk asli Indonesia.

"Jangan segan-segan. Kalau kita tidak pernah merasa produk Indonesia bagus ya tidak akan bagus. Kalau merasa bagus maka akan bagus dan kita kembangkan serta harapannya bisa diekspor. Tunjukkan, pakai dan gunakan. Berawal dari mind set itu merasa itu bagus," pungkasnya.

Tonton juga Hobi Jadi Investasi, Bisnis Koleksi Action Figure

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)