Babak Belur Dihantam Pandemi, Sektor Pariwisata Kini Bergantung ke Digital

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 16 Sep 2021 18:30 WIB
Sektor pariwisata Indonesia babak belur dihantam virus Corona. Setahun COVID-19 di RI, sejumlah upaya pun dilakukan untuk bangkitkan pariwisata di Tanah Air.
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Bagi pebisnis pemula Ahyar menyarankan menggunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Meski meniru produk yang sudah ada, harus berinovasi sehingga memiliki nilai tambah untuk dijual.

Etika pemasaran di internet juga menjadi salah satu tips berjualan online. CEO of Rocketbee Marcella Eteng mengatakan terdapat sejumlah etika yang perlu diperhatikan berjualan online.

Seperti selalu bersikap ramah kepada pembeli, membalas semua pertanyaan yang diajukan pembeli, selalu menyapa dengan panggilan yang sopan, tidak menyalahgunakan data pembeli, jujur dalam menuliskan deskripsi dan packing barang dengan rapi.

Marcella menambahkan, sejumlah etika yang kurang baik saat berjualan online bisa merugikan penjual.

"Yang tidak etis adalah menggunakan foto orang lain. nah sering banget ini terjadi. Jual buku yang sama tapi karena kita gak pintar foto, kita ambil foto orang lain. itu kan tidak etis banget. itu karya orang lain loh. itu jangan pernah deh dilakuin," ujar Marcella


(das/zlf)