Brompton Lagi Banting Harga, Bagaimana Nasib Sepeda Sultan Ferrari?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 17 Sep 2021 10:22 WIB
Sepeda Ferrari SF-01
Brompton Lagi Banting Harga, Bagaimana Nasib Sepeda Sultan Ferrari?
Jakarta -

Saat ini harga sepeda 'Sultan' seperti Brompton sedang mengalami penurunan habis-habisan. Padahal, pada akhir tahun lalu harga sepeda ini sempat meroket berkat efek booming di Indonesia.

Namun, kini efek booming tersebut telah usai. Harga sepeda Brompton dari hari ke hari makin mengalami penurunan seiring dengan turunnya tren sepeda lipat itu.

Penurunan harga sepeda 'sultan' ini sudah terjadi dari awal hingga pertengahan tahun 2021. Pedagang mengakui, harga saat ini merupakan harga paling terendah yang pernah terjadi. Namun, selain Brompton, bagaimana nasib sepeda mewah lain seperti sepeda Ferrari dkk saat ini?

Diketahui bahwa beberapa pabrikan mobil mewah dari Mercedes-Benz hingga Bugatti pernah membangun sepeda kelas atas khusus untuk 'sultan' secara ekslusif dengan unit yang terbatas. Hal serupa juga sempat dilakukan oleh pabrikan supercar asal Italia, Ferrari.

Perusahaan yang bermarkas di Maranello ini sempat membuat sepeda yang unitnya diproduksi terbatas. Banderolan harganya pun hanya cocok untuk orang-orang berkocek tebal.

Dalam situs resmi Ferrari, sepeda SF01 ini dibuat hanya 12 unit di dunia. Ferrari bekerja sama dengan Bianchi--merek sepeda ikonik asal Italia--untuk membangun sepeda ini. SF01 dibuat spesial karena benda ini dibuat untuk merayakan 120 tahun kelahiran Enzo Ferrari pada Februari 2020.

Secara eksklusif, SF01 dijual melalui Scuderia Ferrari Online Store dengan banderol USD 18.600 (bila dikonversi dengan kurs Rp 14.200/dolar, setara dengan Rp 264,1 juta). Satu unitnya ini bisa menebus low MPV di Indonesia, seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Wuling Confero, atau Honda Mobilio.

Meski dibanderol setara dengan harga satu unit LMPV di Indonesia, dikabarkan bahwa 12 unit sepeda kolaborasi Ferrari dan Bianchi ini sudah ludes terjual. Karenanya saat ini sepeda tersebut sudah tidak ada lagi di pasaran.

Tonton juga Video: Duit Korupsi Bansos Juliari Dipakai Buat Fee Cita Citata-Beli Brompton

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)