Lamar Kerja Bisa di Situs Prakerja! Bisa Dicoba Nih

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 17 Sep 2021 15:48 WIB
Vokraf di Kartu Prakerja
Ilustrasi/Foto: Vokraf
Jakarta -

Manajemen Kartu Prakerja menambahkan fitur baru yakni informasi lowongan pekerjaan dan bisa lamar kerja juga. Jadi, nanti lolos atau tidak di Prakerja gelombang 21 bisa coba lamar kerja di fitur itu.

Pihak Kartu Prakerja mengungkap sudah bekerja sama dengan dua job portal untuk memberikan fitur job recommendation di dashboard situs Prakerja. Dua jobb potal itu di antaranya Karir.com dan Jobd.id.

"Ke depan akan bertambah lagi jumlah job portalnya," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari, kepada detikcom, beberapa hari lalu, dikutip (17/9/2021).

Tenang aja, fitur itu juga bisa digunakan bagi peserta yang tidak lolos Kartu Prakerja. Head of Communications Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu jelaskan intinya peserta sudah mempunyai akun Prakerja.

"Caranya adalah dengan mengisi skill yang mereka kuasai di kolom yang tersedia. Algoritma kami akan memunculkan maksimal 5 lowongan pekerjaan yang cocok dengan skill mereka," jelasnya.

Berikut ini tahapan melamar pekerjaan di aplikasi Prakerja:

1. Log In melalui https://www.prakerja.go.id masukan email dan password yang sudah terdaftar.

2. Ketika masuk ke dashboard Prakerja di paling bawah dashboard ada kolom untuk mengisi keahlian. Isi kolom keahlian maksimal 5 keahlian.

3. Klik Tambah

4. Nanti akan muncul sejumlah rekomendasi lowongan pekerjaan sesuai keahlian yang sudah diisi.

5. Ketika ingin melamar, klik "Lihat Selengkapnya" di salah satu lowongan pekerjaannya.

6. Nanti akan muncul jendela baru yang berisi deskripsi pekerjaan, syarat lowongan pekerjaan, hingga alamat kantor.

7. Klik Lamar (Jika ingin mengajukan lamaran kerja). Nanti kamu akan dibawa ke job portal yang disediakan. Misal Jobs.id atau Karir.com

Dalam informasi lowongan pekerjaan Prakerja disediakan banyak lowongan perusahaan mulai dari UKM, UKB hingga BUMN di segala sektor dan lokasi.

Sebagai informasi, pendaftaran Prakerja gelombang 21 telah dibuka. Bagi yang mau mendaftar, segera lakukan pendaftaran di situs resmi Prakerja www.prakerja.go.id.

Head of Communications Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan dalam gelombang ini akan diberikan kuota untuk 754.929 orang penerima.

"Hari ini jam 12.00 WIB kami akan membuka pendaftaran gelombang 21 dengan kuota 754.929 yang berasal dari sisa kuota anggaran semester II Rp 10 triliun dan dari anggaran Rp 1,2 triliun yang ditambahkan," ujar Louisa kepada awak media, Kamis (16/9).

(eds/eds)