Vaksinasi RI Dibandingkan dengan Singapura, Menkes: Kita Nomor 6 Dunia!

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 18 Sep 2021 12:36 WIB
Vaksinasi COVID-19 terus dikebut untuk mengejar herd immunity. Salah satunya di sentra vaksinasi IPSM Nasional, Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Rawamangun, Jakarta.
Foto: Rengga Sancaya: Menkes Budi Gunadi Sadikin
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadiki mengatakan Indonesia kerap dikatakan persentase vaksinasinya kalah dengan Singapura. Budi menegaskan angka populasi Indonesia berbeda dengan Singapura yang hanya berjumlah 5 juta.

Tetapi dalam jumlah suntikan vaksinasi dengan populasi yang besar, RI masuk 10 besar dan berada di posisi ke-6 dunia.

"Kalau kita penduduknya 5 juta, 4 hari selesai. Kalau membandingkannya real effort penyuntikan, jumlah suntikan orang. Kita sekarang posisinya nomor 6 sesudah China, India, Amerika, Brazil, Jepang. Ya not bad-lah untuk negara kita," jelas dia dalam acara Wealth Wisdom 2021 secara virtual, Sabtu (18/9/2021).

Diakui oleh Budi, memang tingkat persentase vaksinasi seperti Singapura sudah mencapai 80%. Tetapi hal itu karena jumlah penduduknya yang lebih kecil.

"AS dan Israel aja kalah sama mereka, tetapi kan negara kecil, penduduknya kecil, kalau Singapura 5 juta, menyuntiknya juga mudah," tuturnya.

Untuk saat ini jumlah vaksinasi orang Indonesia sudah mencapai 78 juta orang. Budi menargetkan hingga akhir Desember sudah 300 juta suntikan vaksinasi dilakukan. Budi berharap per harinya bisa menyuntikan 2,5 juta dosis vaksin COVID-19.

"Bisa (2,5 juta vaksin) kalau kita liat trennya kita sudah nyundul angka 1,7 juta. Tetapi kan komunikasi kita ini belum ideal, suntik hari ini dimasukinnya lima hari kedepan. Itu sempat kita 1,6 juta pertama kali satu koma. Kamis kemarin itu dekat-dekat dua juta seharusnya," tutupnya.

(hns/hns)