4 Jurus Pengembangan Bandara Ala Angkasa Pura II

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 19 Sep 2021 11:34 WIB
JAKARTA, INDONESIA - APRIL 25: Airline and airport staff walk though the nearly empty Soekarno-Hatta International Airport on April 25, 2020 in Jakarta, Indonesia. As Muslims mark the start of Ramadan, Indonesia announced a temporary ban on nearly all travel into and out of the country including by air, boat, train and road to prevent the spread of COVID-19. (Photo by Ed Wray/Getty Images)
Foto: Getty Images/Ed Wray


3. Peningkatan Kapasitas SDM
Kapasitas sumber daya manusia alias SDM di bidang transportasi udara menjadi salah satu yang juga akan ditingkatkan. Salah satu implementasinya adalah mendirikan Airport Learning Center pertama di Indonesia guna membentuk SDM yang melek teknologi digital.

Di samping itu, talenta-talenta AP II setiap tahunnya juga menimba ilmu di berbagai lembaga global seperti Airport Council International (ACI) dan sebagainya.

4. Pengembangan Berkelanjutan
AP II saat ini tengah mengembangkan bandara ramah lingkungan sebagai untuk transportasi yang lebih berkelanjutan. Salah satu yang dilakukan adalah dengan penggunaan PLTS, hal ini sudah dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta.

Pengembangan berbasis lingkungan yang dilakukan AP II juga diganjar dengan standar global. Tepatnya sertifikat sistem manajemen energi standar global ISO 50001 : 2018 untuk Terminal 3 Soekarno-Hatta.


(hal/zlf)