Jokowi Sampaikan Pesan Penting untuk Pengusaha Mebel RI, Apa Itu?

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 20 Sep 2021 11:16 WIB
Jokowi Tinjau Rusun Pasar Rumput
Foto: YouTube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan penting kepada para pelaku usaha mebel di Indonesia. Seperti diketahui, Jokowi sendiri merupakan pengusaha mebel sebelum terjun ke dunia politik.

Pesan penting itu dia sampaikan saat memberikan pidato dalam acara Opening Ceremony, IFEX Virtual Showroom 2021, Senin (20/9/2021).

"Saya menyambut gembira diselenggarakannya Indonesia International Furniture Expo di tahun 2021. Forum seperti ini merupakan arena strategis bagi para produsen di hulu sampai hilir serta para calon pembeli bisa bertemu. Bukan hanya di antara para pelaku nasional tapi juga para pelaku di tingkat global. Bukan hanya untuk bertemu, tetapi yang lebih penting adalah bertransaksi," tuturnya.

Jokowi mengatakan, pasar dunia sudah tidak lagi ada sekat. Pameran furniture berskala internasional sangat diperlukan dan Indonesia diyakini Jokowi bisa menjadi arena yang tepat.

"Karena Indonesia kaya bahan baku, kaya di karya seni dan sangat besar kemampuan pasarnya," ucapnya.

Namun Jokowi menyelipkan pesan penting bagi para pengusaha mebel tanah air. Pesan itu berkaitan dengan meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.

"Daya saing industri permebelan bukan hanya kualitas produknya, tetapi juga nilai-nilai yang dipegang teguh mulai dari proses produksi. Kita harus berkomitmen dalam pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan, yang rendah karbon dan yang inklusif," terangnya.

Menurut Jokowi, komitmen dalam pembangunan berkelanjutan tidak kalah pentingnya dari kualitas produk mebel itu sendiri. Pengusaha harus mulai memikirkan penyediaan bahan baku yang menjaga keberlanjutan hutan.

"Proses produksi harus rendah karbon, manfaat ekonominya harus dirasakan oleh masyarakat lapis bawah. Itulah titipan saya kepada para pelaku industri permebelan," ucapnya.

Jokowi berharap pesan itu benar-benar dipegang teguh oleh para pengusaha mebel tanah air. Sebab saat ini tren pembiayaan dan pasar yang menjadi konsumen memberikan syarat tersebut.

(das/zlf)