PPKM Nyambung ke 4 Oktober, Luhut: Presiden Ingatkan Super Waspada

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 20 Sep 2021 17:10 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali dilanjut pemerintah hingga 4 Oktober mendatang. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa perpanjangan PPKM kembali dilakukan guna menjaga momentum pengendalian pandemi virus Corona di tanah air.

Luhut mengatakan, PPKM akan terus dilaksanakan hingga seluruh indikator menunjukkan level yang aman. Seluruh pelaksanaan PPKM akan dievaluasi rutin secara mingguan dan keputusan perpanjangan atau penurunan level PPKM pada wilayah pulau Jawa dan Bali akan dilakukan setiap 2 minggu sekali dari semula seminggu sekali. Sementara wilayah lain di luar Jawa dan Bali akan ditetapkan tetap setiap 2 minggu sekali.

"Pandemi COVID-19 di Indonesia telah terkendali.... Tetapi presiden mengingatkan kami agar super waspada. Bukan tidak mungkin ada gelombang ketiga," kata Luhut dalam paparan media yang digelar secara virtual, Senin (20/9/2021).

Adapun dalam pengumuman kali ini disampaikan bahwa ada penambahan jumlah kawasan yang turun ke PPKM level 3, bahkan ada juga yang turun ke level 2.

"Tak ada lagi kabupaten kota di Jawa-Bali yang berada di level 4," sambung Luhut.

Sementara, pada wilayah dengan status PPKM Level 3 dan 2, ada sejumlah pelonggaran pembatasan yang diberikan. Bioskop boleh beroperasi namun dengan batasan kapasitas 50% dan hanya mereka yang berkategori hijau pada aplikasi PeduliLindungi boleh masuk.

(dna/dna)