Perubahan Level PPKM Jawa-Bali Jadi 2 Minggu Sekali

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 20 Sep 2021 17:28 WIB
Jakarta -

Penetapan perubahan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali muli pekan ini akan diperpanjang menjadi 2 pekan dari semula 1 pekan sekali.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kepitusan ini dilakukan dengan pertimbangan perkembangan kasus penularan virus Corona saat ini.

"Ratas hari ini diputuskan perubahan PPKM selama dua minggu di Jawa-Bali," kata Luhut dalam paparan media yang digelar secara virtual, Senin (20/9/2021).

Meski demikian, lanjut Luhut, evaluasinya tetap dilakukan setiap seminggu sekali. Luhut menegaskan bahwa perubahan level PPKM tidak akan dilakukan secara signifikan untuk menjaga momentum perbaikan angka penularan virus Corona ini.

"Kami tidak akan lakukan perubahan dratis. Kami tidak ingin buat kesalahan dan banyaknya kita tidak tahu soal delta varian ini," lanjut luhut.

Luhut mengatakan, PPKM akan terus dilaksanakan hingga seluruh indikator menunjukkan level yang aman. Adapun dalam pengumuman kali ini disampaikan bahwa ada penambahan jumlah kawasan yang turun ke PPKM level 3, bahkan ada juga yang turun ke level 2.

"Tak ada lagi kabupaten kota di Jawa-Bali yang berada di level 4," sambung Luhut.

(dna/dna)